Rabu, 4 Safar 1436 / 26 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Sidang Isbat 1 Dzulhijjah Digelar 28 Oktober

Selasa, 25 Oktober 2011, 15:15 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Dzulhijjah 1432 H pada Jumat (28/10). Keputusan yang dihasilkan akan digunakan sebagai acuan menentukan kapan pelaksanaan Idul Adha 1432 H.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Jauhari, kepada Republika di Jakarta, Selasa (25/10), mengatakan pada Kamis (27/10) pihaknya bersama sejumlah pakar hisab rukyat yang tergabung dalam Badan Hisab Rukyat (BHR) Kemenag melakukan pengematan hilal di sejumlah titik. Hasil rukyat akan menjadi bahan rujukan utama isbat. “Laporan rukyat dihimpun sehari sebelumnya,” jelas Jauhari yang juga Kepala BHR itu. Pengamatan dilangsungkan di beberapa titik yang tersebar di sejumlah wilayah Tanah Air.

Kepala Seksi Hisab Rukyat Kemenag, Nurkhazin, menambahkan berbeda dengan sidang awal Ramadhan, penetapan awal 1 Dzulhijjah tidak dilaksanakan H-1 dari hari yang diprediksikan oleh perhitungan hisab. Diperkirakan, sesuai dengan prediksi hisab, 27 Oktober ialah akhir dari Duzlqa'dah dan Jumat (28/10) merupakan awal Dzulhijjah. Hal ini karena penentuan awal bulan Dzulhijjah tidak berkaitan langsung dengan perintah berpuasa, seperti Ramadhan. “Jadi tidak terburu-buru,” katanya.

Reporter : Nashih Nashrullah
Redaktur : Johar Arif
Hati-hatilah terhadap dusta. Sesungguhnya dusta membawa kepada kejahatan dan kejahatan membawa kepada neraka. Selama seorang dusta dan selalu memilih dusta dia tercatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta (pembohong)((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
BBM Indonesia Naik di Amerika Malah Turun, Mengapa?
WASHINGTON DC -- Sementara harga BBM di Indonesia naik, di Amerika Serikat harga BBM justru turun ke level terendah selama hampir lima tahun...