Wednesday, 7 Zulhijjah 1435 / 01 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Koleksi Emas Sonobudoyo yang Hilang Mungkin Masih di Indonesia

Tuesday, 04 October 2011, 16:02 WIB
Komentar : 2
pesonajogja.com
Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Hilangnya koleksi emas yang tersimpan di Museum Sonobudoyo pada pertengahan Agustus tahun lalu sampai kini belum diketahui hasilnya. Namun kemungkinan besar, sekitar 87 koleksi yang hilang saat ini masih berada di dalam negeri.

"Karena hingga kini Intenational Council of Museum (ICOM) belum memberikan laporan mengenai keberadaan koleksi tersebut di luar negeri. Sehingga kemungkinan masih di dalam negeri," kata Sekjen ICOM yang juga Ketua Barahmus (Badan Musyawarah Musea) DIY, KRT Thomas Haryonagoro, pada wartawan di Kepatihan, Selasa (4/10).

Menurut Thomas, ICOM sudah menyebar berita ke berbagai negara, tetapi  koleksi museum Sonobudoyoyang hilang belum terlacak. Jika ditemukan ada indikasi keberadaan koleksi emas di luar negeri, tentu ICOM akan segera memberikan laporan. Sampai kini ICOM belum menyampaikan informasi apapun.

Sementara itu Tim Evaluasi Museum Negeri Sonobudoyo yang berjumlah sembilan orang yang terdiri dari tujuh orang dari elemen masyarakat dan dua orang dari pihak pemerintah. Hasil evaluasi akan dilaporkan kepada gubernur dan kepolisian guna membantu mengungkap raibnya koleksi emas yang bernilai tinggi dan merupakan aset bangsa ini.

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Siwi Tri Puji B
Malu adalah bagian dari iman.(HR. Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hasyim Muzadi: Pilkada oleh DPRD Bisa Timbulkan Polusi Pemikiran
 JAKARTA -- Mantan Ketua Umum NU, Hasyim Muzadi menilai disahkannya pemilihan kepala daerah oleh DPRD disinyalir mampu menurunkan kredibilitas kepala daerah. Selain itu diberikannya...