Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Zulkifli Sebut Indonesia Butuh Fondasi Kenegaraan yang Kokoh

Kamis 12 Oct 2017 18:14 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai perlu dilakukan amanedemen ke-5 untuk bisa menjadi landasan atau pondasi pemerintahan yang kuat ke depan. Zulkifli Hasan mengatakan sudah saatnya memikirkan bagaimana Indonesia pada 50 tahun ke depan dengan jumlah penduduknya yang begitu besar sehingga harus memiliki landasan atau pondasi yang kuat.

"Penduduk kita saat ini kurang lebih 260 juta. Jika 50 tahun ke depan, diperkirakan bisa mencapai 500 juta penduduk yang tentunya muncul berbagai persoalan baru. Oleh karena itu harus memang meletakkan sistem pondasi kenegaraan yang kokoh dan kuat," ujar dia, Selasa (10/10).

Ia menjelaskan, negara Indonesia merupakan negara hukum yang tentu membutuhkan rasa adil bagi masyarakatnya.

Untuk persoalan hukum, ia juga mengaku perlu terus diperbaiki dan dikembangkan secara terus menerus. Dengan pondasi hukum yang kuat maka tentu negara akan bisa berjalan seperti yang diharapkan.

"Jadi diskusi seperti ini memang perlu dan bisa terus dilanjutkan apalagi melibatkan banyak pakar dan ahli. Semoga ke depan kita sudah bisa sepakati amandemen. Kalaupun belum ada agenda lain, kecuali satu yakni perlunya haluan negara," katanya dalam seminar penyerapan aspirasi penguatan kejaksaan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia di kampus Universitas Hasanuddin Makassar hari ini.

 

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler