Rabu, 3 Syawwal 1435 / 30 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

BNP2TKI Tawarkan Puluhan Ribu Lowongan Kerja untuk TKI

Selasa, 19 Juli 2011, 10:56 WIB
Komentar : 1
ozienudin.blogspot.com
Suasana di sebuah bursa kerja (ilustrasi).
Suasana di sebuah bursa kerja (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Untuk merespon banyaknya kebutuhan kebutuhan tenaga kerja formal dari Jatim, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuka bursa kerja (job fair) di Surabaya, 19-20 Juli 2011.

Bursa kerja ini menawarkan 10.000 lowongan di delapan negara. "Pemerintah menargetkan menempatkan 50 persen penempatan TKI sektor formal, karena jumlah TKI informal atau penata laksana rumah tangga (PLRT) masih mendominasi hingga saat ini," kata Direktur Sosialisasi Kelembagaan Penempatan BNP2TKI, Yunafri, di Surabaya, Selasa (19/7).

Bursa kerja yang diberi nama "Job Marketing Fair TKI Formal 2011" itu menyediakan 40 anjungan yang terdiri atas 34 anjungan perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dan enam anjungan lain dari Bank Mandiri, Bank Jatim, Disnakertransduk Jatim, Asuransi Proteksi, PT Angkasa Pura I Juanda, dan LPK Pemagangan di Jepang.

Yunafri berharap kegiatan ini dapat menjaring minat masyarakat untuk mengisi peluang kerja di luar negeri pada sektor formal seperti konstruksi, manufaktur, operator, kesehatan, terapi spa, pertanian, sopir, dan penjahit.

Peluang kerja sektor formal yang ditawarkan itu berada di Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan, Hong Kong, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Maladewa, dan Singapura.

Bursa kerja itu menawarkan peluang kerja di Malaysia di bidang konstruksi dan manufaktur seperti barang-barang elektronik dan kayu lapis (plywood). Untuk di Taiwan dan Hong Kong ditawarkan peluang kerja sebagai operator produksi dan perawat. Sedangkan untuk Brunei Darussalam ditawarkan peluang kerja sebagai sopir, pekerja konstruksi dan teknik serta penjahit.

Adapun pemagangan kerja di Jepang peluang kerja yang ditawarkan adalah pada industri motor, manufaktur, pertanian, dan peternakan. "Masyarakat yang berminat bekerja di sektor formal itu dapat mendaftarkan diri secara langsung di arena bursa kerja itu," kata Yunafri.


Redaktur : cr01
Sumber : Antara
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Suasana Lebaran Komunitas Muslim Indonesia di AS
WASHINGTON -- Seperti tahun tahun sebelumnya setiap Idul Fitri, komunitas Muslim Indonesia mengadakan sholat Eid bersama. Bagaimana suasananya? Sumber:...