Thursday, 14 July 2011, 18:18 WIB

Antisipasi Antrian di Merak, ASDP Tambah 2 Kapal Roro

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak menambah dua kapal roro (Roll on Roll of/Roro) untuk mengatasi antrian kendaraan dan truk.

"Kami tadi baru menambah dua kapal tambahan lagi, jadi total kapal yang beroperasi semuanya 26 unit, penambahan dilakukan agar antrian yang ada dapat terurai secepatnya," kata Kepala Cabang PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, La Mane, kepada pers di Merak, Banten, Kamis (14/7).

Menurut dia, penambahan kapal yang ada di Pelabuhan Merak dimaksudkan untuk mengurangi antrean yang terjadi. "Harapan kami, dengan adanya penambahan kapal antrian tidak bertambah panjang," ujarnya. Apalagi kata dia, saat ini peningkatan volume kendaraan mencapai 15 persen, termasuk ukuran kendaraan yang lebih besar dua kali lipat.

"Dimensi kendaraan ini lah yang juga menjadi penyebab antrian ribuan truk yang hendak ke Bakauheni, Lampung, karena ruang kendaraan untuk satu mobil saat ini memerlukan ruang ukuran untuk dua mobil," katanya.

Penambahan dua kapal ini, katanya, diharapkan bertambah lagi esok hari (15/7), sehingga antrian ribuan truk dapat terurai dan aktivitas kembali normal.

"Harapan kami secepatnya antrian dapat terurai, sehingga tidak terganggu pada aktivitas lainnya," katanya. Dua kapal roro tambahan itu yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Mulia dan Nusantara Kencana.

Sumber : Antara
loading...