Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Habiskan Duit Rakyat, Pemda Diminta Stop Rekrut PNS

Rabu, 13 Juli 2011, 20:11 WIB
Komentar : 0
a7x.web.id
Pegawai Negeri Sipil alias PNS.
Pegawai Negeri Sipil alias PNS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penambahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) perlu segera dihentikan. Selain untuk menyehatkan anggaran, penghentian rekrutmen PNS itu bisa mencegah adanya pembelanjaan anggaran non-program.

"Seluruh PNS sebaiknya berada langsung di bawah pemerintah pusat. Kebangkrutan Pemda bukan terletak pada otonomi daerah, melainkan pada politik anggaran dan administrasi penggunaan anggaran," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, Rabu (13/7).

Menurut Ray, belanja anggaran pegawai sejatinya masuk pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Agak mengherankan jika Pemda merasa bangkrut karena pos anggaran mereka habis justru untuk belanja pegawai. "Tetapi hal ini juga memang terkait dengan kebijakan soal batas dan jumlah rasional pegawai," katanya.

Ray menambahkan, dalam negara kesatuan seperti Indonesia, seluruh pegawai harus di bawah koordinasi Pemerintah Pusat. Hal itu karena anggaran untuk membiayai pegawai tersebut bersumber dari APBN.


Reporter : M Ikhsan Shiddieqy
Redaktur : cr01
"Tidak masuk surga orang yang ada dalam hatinya seberat biji sawi dari kesombongan"((HR Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Lukman Rabu, 13 Juli 2011, 23:08
Faktor utama...ada NIAT ga Pemda untuk membangun & mensejahterakan rakyat?..kalaupun anggaran ada, kalau ga ada niat....sami mawon mas....
  nursin Rabu, 13 Juli 2011, 21:04
Sebaiknya Pemerintah pusat meninjau kembali sistem perekrutan CPNS yg selama ini dipegang oleh daerah-daerah,karena cara perekrutan di daerah-daerah menjadi lahan empuk untuk mendapatkan uang oleh oknum2 yg menjabat di daerah. Kalau perlu sistemnya kembali seperti di masa orde baru.
  Wisnu Rabu, 13 Juli 2011, 20:28
Yang pasti Bangkrut Karena Kebanyakan bikin Proyek yang nda jelas...