Senin, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kemendagri:Formasi PNS Diputuskan Kemenpan dan BR

Rabu, 13 Juli 2011, 21:28 WIB
Komentar : 2

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyalahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan BR) terkait berlebihnya jumlah PNS. Menurut Sekjen Kemendagri Diah Anggraini, Rabu (13/7), jumlah abdi negara yang dinilai melebihi kebutuhan akibat tidak adanya koordinasi penerimaan PNS.

Diah mengakui, penentuan formasi kebutuhan PNS menjadi kewenangan penuh Kemenpan BR. Namun yang mengetahui beban anggaran terkait jumlah PNS adalah Kemendagri. “Jika ada koordinasi, jumlah PNS tidak sebanyak ini,” cetus Diah di Kemendagri.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 31 Desember 2003, jumlah PNS sebesar 3.648.005 orang. Adapun pada 31 Juni 2010 meningkat mencapai 4.732.472 orang.

Diah mengatakan, idealnya daerah mengusulkan kebutuhan formasi PNS. Dengan begitu nanti Kemenpan BR bisa memverifikasi kebutuhan itu sambil berkonsultasi dengan Kemendagri untuk melihat dampak anggaran jika melakukan rekruitmen PNS baru.

Namun yang terjadi, kata dia, Kemenpan BR menentukan kebutuhan formasi sendiri. “Harusnya alur penerimaan PNS itu dari daerah ke pusat, bukan pusat menentukan kebutuhan jumlah PNS,” terang Diah

Reporter : C13
Redaktur : taufik rachman
Anas Ra, pembantu rumah tangga Nabi Saw berkata, “ Aku membantu rumah tangga Nabi Saw sepuluh tahun lamanya, dan belum pernah Beliau mengeluh “Ah” terhadapku dan belum pernah Beliau menegur “kenapa kamu lakukan ini atau kenapa tidak kau lakukan ini.((HR. Ahmad))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ada Aplikasi untuk Mengatur Usaha Kecil Anda
NEW YORK -- Baru-baru ini, jaringan kedai kopi Starbucks mengklaim unggul dalam pembayaran lewat aplikasi ponsel dengan 7 juta transaksi seminggu. Tetapi UKM...