Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pemerintah Kaji Kompensasi Pensiun Dini PNS

Kamis, 23 Juni 2011, 17:22 WIB
Komentar : 0
Antara
Pelantikan PNS
Pelantikan PNS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Pemerintah sedang mematangkan opsi pensiun dini bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal itu bertujuan untuk membuat struktur PNS lebih ramping dan tidak membebani anggaran. PNS yang pensiun dini ini akan mendapat kompensasi yang sedang dikaji jumlahnya oleh pemerintah.

"Iya nanti kan dihitung (kompensasi), nanti itu harus diformulasikan kembali, di-review," kata Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati di Kementerian Keuangan, Kamis (23/6). Kompensasi itu mirip kebijakan golden shake hand di perusahaan swasta, di mana pegawai yang pensiun dini mendapat sejumlah dana.

Menurut Anny, opsi kebijakan untuk pensiun dini bagi PNS ini harus dibuka. Dia menilai lebih baik jika ada PNS yang memang mengajukan untuk pensiun dini. Kementerian Keuangan masih merasa perlu melihat peraturan perundang-undangan yang mendukung untuk pemberlakukan pensiun dini berserta kompensasinya.

Menurut Anny, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dia yakin kebijakan pensiun dini ini tidak akan mendapat resistensi dari para PNS jika memang disediakan kompensasi yang layak.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, kebijakan pensiun dini itu sebenarnya masih berupa kajian di lingkungan Kemenkeu. Saat ini, kata dia, Kemenkeu masih mendukung pensiun dini sukarela dari PNS dengan menawarkan kepada PNS. "Tapi kalau ternyata masih dibutuhkan, tentu kita akan tetap menahan," kata dia.

Reporter : M Ikhsan Shiddieqy
Redaktur : Johar Arif
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  keswoyo Senin, 23 Juli 2012, 01:13
Setuju banget tuh klu begitu
  dwiht Selasa, 10 Juli 2012, 09:40
ai setuju kl bener2 jd ada pensiun dini dgn kompensasi min 300-500 jt. lumayan buat modal hidup ke depannya. moga2 jd prog ini diwujudkan. amin. drpd gol IIId tp tdk dihargai dg ms kerja 25 th. maklum kalah kedekatan n keduitan. jd yaa ngalah aja dech...
  armanmauli Kamis, 21 Juni 2012, 19:49
Pensiun dini pns dengan kompensasi minimal Rp 500 juta,cukup layak...,
  ami Senin, 28 Mei 2012, 10:34
setuju, 100% mendkung saudara farin.
  Penangkisno Senin, 23 April 2012, 11:28
Kapan pelaksanaan pensiun dini bisa diundangkan karena beritanya tahun 2011 mohon penjelasan

  VIDEO TERBARU
Jumlah Pengunjung Meningkat, Ancol Terus Berbenah
JAKARTA -- Sebagian besar warga Jakarta kebanyakan habiskan libur panjang keluar kota. Meski begitu, wisata pantai Ibu Kota tak kehilangan pesonannya. Seperti pantai di...