Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lambang PMI Diusulkan Ada Lambang Bulan Sabitnya

Senin, 30 Mei 2011, 15:19 WIB
Komentar : 0
Antara
Lambang PMI diusulkan ada lambang bulan sabit.
Lambang PMI diusulkan ada lambang bulan sabit.

REPUBLIKA.CO.ID,KUPANG - Kepala Devisi Penanggulangan Bencana (PB) Palang Merah Indonesia (PMI), Arifin Muhamad, menegaskan PMI dalam kiprahnya itu tidak hanya berorientasi melayani masyarakat golongan tertentu saja. Tetapi, PMI menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

"Misi dan tugas PMI adalah memberikan pelayanan kemanusiaan kepada semua masyarakat yang memerlukan bantuan. PMI tidak berpikir untuk hanya melayani golongan tertentu," kata Arifin. "PMI tidak berpolitik. Siapapun yang memerlukan pertolongan, kami akan membantu."

Mengenai lambang PMI, Arifin mengatakan bahwa lambang palang berwarna merah itu merupakan keputusan tokoh-tokoh pendiri PMI yang ditugaskan oleh mantan Presiden Soekarno. "Pada saat itu, ada lima orang yang ditugaskan untuk membahas lambang PMI. Mereka dipimpin Muhammad Hatta dan mereka telah menetapkan lambang PMI dan tidak ada konotasi dengan budaya, politik apalagi agama," kata Arifin.

Pemerintah saat ini sedang mengusulkan rancangan undang-undang tentang lambang bendera PMI. Karena, pihak yang berkak menetapkan lambang PMI adalah pemerintah.

"Sekarang ada lambang Palang Merah, ada lambang Bulan Sabit dan Kristal Merah. Biarkan diputuskan oleh pemerintah, bendera apa yang paling pas untuk lembaga kemanusiaan ini," kata Arifin.

 

Redaktur : Didi Purwadi
Sumber : Antara
Sesungguhnya Allah SWT mengampuni beberapa kesalahan umatku yang disebabkan karena keliru, karena lupa, dan karena dipaksa (HR Ibnu Majah, Baihaqi, dan lain-lain)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Mahathir Kunjungi Mega, Mahathir: Mega Sahabat Lama Saya
JAKARTA -- Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengunjungi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar Nomor 27A, Menteng, Jakarta Pusat (14/4). Berikut video...