Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kapal Yos Sudarso, Pelaksana Misi Penyelamatan MV Sinar Kudus Merapat di Padang

Senin, 16 Mei 2011, 23:32 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kapal perang KRI Yos Sudarso yang melakukan pasukan misi penyelamatan penumpang kapal MV. Sinar Kudus ke perairan Somalia, merapat di Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (16/5).

Berdasar pantauan di Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Senin, sekitar pukul 10.00 WIB terlihat warga sekitar menyaksikan dari dekat Kapal Perang KRI Yos Sudarso saat merapat di pelabuhan.

Kepala Staf Gugus Tempur Laut Armada Barat, Kolonel Laut (P) Ariawan, mengatakan ada dua kapal yang pergi untuk melakukan penyelamatan penumpang kapal MV. Sinar Kudus yang disandra bajak laut di Perairan Somalia.

"Kapal yang ikut melakukan penyelamatan adalah KRI Yos Sudarso serta KRI Halim Perdana Kusumah," katanya. KRI Yos Sudarso bersama KRI Halim Perdana Kusumah pada 21 Maret 2011 diberangkatkan dari Kolinlamil Tanjung Priok menuju Kolombo, Sri Lanka.

Pada 29 Maret 2011, tim peneyelamat tiba di Kolombo, untuk melakukan pengisian bekal ulang. "Tim Penyelamat kembali melanjutkan perjalanan menuju Perairan Somalia untuk membebaskan penumpang kapal MV.Sinar Kudus yang di sandra bajak laut," katanya.

Dia menambahkan, dalam pembebasan sandera Sinar Kudus ini anggota yang berangkat merupakan gabungan KRI, pasukan Gultor, Kopasus, Denjaka, Kopaska, dibantu tim pendukung dinas penerangan dan tim khusus penyelam.

"Pasukan tersebut saat berangkat dari Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta bertekad untuk membebaskan penumpang kapal yang disandera para bajak laut di perairan Somalia," katanya.

Dia mengatakan, awalnya pihaknya membayangi para bajak laut yang berjumlah 80 orang dan MV Sinar Kudus yang sedang bergerak.

"Kami mencegah agar jangan sampai ada kelompok bajak laut lain yang mengambil kesempatan. Namun apa yang dikhawatirkan terjadi, dimana pembajak melepaskan tembakan," katanya.

Aksi baku tembak tak dapat dihindarkan lagi, Tim penyelamat berhasil menembak 4 orang bajak laut hingga jatuh ke laut di perairan Somalia, kata Ariawan.

Menurutnya, awak kapal MV.Sinar Kudus berjumlah 20 orang berhasil dibebaskan melalui tebusan oleh Tim penyelamat di perairan Somalia. "Para penumpang kapal MV.Sinar Kudus dibebaskan bajak laut pada 1 Mei 2011 setelah diberikan uang tebusan sesuai dengan permintaan," katanya.

Dia menambahkan, rencananya KRI Yos Sudarso tersebut akan ditempatkan untuk Lantamal II Teluk Bayur Kota Padang. "KRI Yos Sudarso ini ditempatkan di Kota Padang untuk melakukan pengawasan di Perairan Barat Pantai Sumbar," katanya.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar