Senin , 11 April 2011, 12:00 WIB

Wadanjen Kopassus Jadi Komandan Paspampres

Red: Stevy Maradona
Antara
Mayjen TNI Waris (kiri) serah terima jabatan dengan Brigjen Agus Sutomo sebagai Komandan Paspampres, Senin (11/4).
Mayjen TNI Waris (kiri) serah terima jabatan dengan Brigjen Agus Sutomo sebagai Komandan Paspampres, Senin (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Brigadir Jenderal TNI Agus Sutomo resmi menjabat Komandan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) yang baru, menggantikan Mayjen TNI Waris yang akan menjabat sebagai Panglima Kodam Jaya.

Upacara serah terima dilakukan di Markas Komando Paspampres dipimpin Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, di Jakarta, Senin. Agus Sutomo merupakan lulusan Akademi Militer 1984, dan sebelumnya menjabat Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Ia juga sebelumnya sempat menjabat Komandan Korem Surya Kencana Bogor, dan Kepala Staf Divisi-1 Kostrad. Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan pasukan pengawal presiden harus meningkatkan kesiagaan, seiring dengan perkembangan lingkungan strategis yang makin dinamis. "Sekarang dunia makin dinamis," katanya.

Agus mengatakan persoalan-persoalan yang terus berkembang seperti terorisme menuntut Paspampres lebih waspada dalam menjaga simbol negara yaitu presiden dan wakil presiden. Pasukan pengawal Presiden dituntut untuk memiliki cara pikir yang tajam dan akurat, katanya menambahkan.

Tidak hanya itu, Panglima TNI meminta agar kinerja Paspampres ditingkatkan. Agus menegaskan, pergantian pimpinan juga dilakukan sebagai upaya menjaga kontinuitas visi dan misi penjagaan kepala negara. "Keamanan dan keselamatan presiden di atas segalanya," katanya.

Sumber : Antara