Kamis , 07 September 2017, 17:08 WIB

Muhammadiyah DIY Gelar Olimpiade Budaya Jawa

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Wahyu Suryana.
Konferensi pers rencana kegiatan Olimpiade Budaya Jawa.
Konferensi pers rencana kegiatan Olimpiade Budaya Jawa.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta akan kembali menggelar Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) di Yogyakarta. Diselenggarakan untuk tahun kedua, OBJ kali ini terdiri dari beberapa rangkaian seperti Pawai Ta'aruf Budaya Jawa, Lomba Seni dan Olahraga, serta Pagelaran Budaya Jawa.

Ketua Pelaksana OBJ II, Arif Budiharjo, menuturkan kegiatan ini memang tengah ditargetkan untuk menjadi program tahunan dari PWM DI Yogyakarta. Pasalnya, ia melihat kegiatan ini memiliki arti penting sebagai medium untuk memberikan apresiasi terhadap kebudayaan yang ada.

"Penting diselenggarakan karena kegiatan ini medium apresiasi kita terhadap nilai-nilai budaya, khususnya budaya Jawa," kata Arif, di konferensi pers OBJ II di Ruang Sidang PWM DIY, Kamis (7/9).

OBJ, lanjut Arif, bertujuan mengajak peserta didik dan pendidik di persyarikatan Muhammadiyah, mewujudkan apresiasi kepada budaya. Karenanya, ia mengungkapkan, PWM DIY tengah fokus menjadikan OBJ sebagai agenda tetap pariwisata di DI Yogyakarta.

Ia berharap, rangkaian kegiatan OBJ tidak sekadar menjadi hiburan untuk masyarakat lokal, melainkan wisatawan dari luar negari yang ada di DIY. Selain itu, ia melihat, semangat yang dibawa OBJ bertepatan momentum keluarnya Perpres No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Untuk itu, OBJ sangat menekankan kreativitas sekolah-sekolah, yang dapat diaplikasikan lewat pawai ta'aruf, lomba-lomba, dan tentu pagelaran budaya. Karenanya, sekolah-sekolah Muhammadiyah tingkat SD, SMP, dan SMA memang dilibatkan, sehingga OBJ turut pula jadi sarana silaturahim.

"Sekaligus jadi medium silaturahim siswa-siswa dari berbagai tingkatan dan berbagai sekolah Muhammadiyah, dan insya Allah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan hadir di penutupan Pagelaran Budaya Jawa," ujar Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY tersebut.

OBJ II dimulai Pawai Ta'aruf Budaya Jawa 9 September 2017, dari Stadion Kridosono sampai Alun-Alun Utara. Lalu, ada lomba seni dan budaya pada 22 September 2017 seperti Lantip Trengginas Budaya Jawa di kompleks Perguruan Muhammadiyah Purwodiningratan, dan Tari Jawa di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Untuk lomba bidang olahraga pada 2 September 2017, ada Dolanan Egrang Bambu, Dolanan Egrang Bathok dan Dolanan Gobagsodor di Lapangan Karang Kotagede. Ada pula Jemparingan di PWM DIY dan Seni Bela Diri Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Sementara, Pagelaran Budaya Jawa II yang merupakan kegiatan puncak OBJ II akan diadakan di Museum Serangan Umum 1 Maret pada 30 September 2017. Puncak kegiatan akan diisi penampilan juara-juara lomba seni budaya dan olahraga, tari kolosal 100 pelajar SD Muhammadiyah, dan rencananya ditutup Mendikbud.