Sunday, 12 Ramadhan 1439 / 27 May 2018

Sunday, 12 Ramadhan 1439 / 27 May 2018

Politikus Gerindra: Pernyataan Amien Rais Ada di Alquran

Senin 16 April 2018 16:10 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Andri Saubani

Amien Rais

Amien Rais

Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Parpol yang disebutkan Pak Amien tidak dalam tataran politik praktis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Gerindra, Sodiq Mujahid menilai ucapan Amien Rais mengenai partai setan dan partai Allah tidak merujuk kepada partai politik tertentu. Pernyataan Amien, merupakan penjelasan yang berasal dari Alquran.

"Parpol yang disebutkan Pak Amien tidak dalam tataran politik praktis. Apalagi menunjuk partai-partai. Konteksnya dari Alquran," ujar Sodiq kepada Republika.co.id, Senin (16/4).

Menurut Sodiq, yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, pernyataan Amien adalah berdasarkan terminologi, konsep dan konteks yang seratus persen berada di Alquran. Ia menjelaskan, dalam Alquran memang disebutkan adanya dua kelompok atau umat seperti yang dikatakan Amien Rais.

Adanya penyebutan partai, lanjut Sodik, berasal dari kata hizbut yang juga kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti partai. "Iya (tidak merujuk partai tertentu)," kata Sodiq.

Pernyataan Amien Rais menuai kontroversi saat dalam ceramahnya di sebuah pengajian di Mampang Jakarta Selatan beberapa waktu lalu, Amien menyebutkan mengenai partai setan dan partai Allah. Amien kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Cyber Indonesia, Aulia Fahmi.

Pelapor menilai pernyataan Amien itu melawan hukum karena bernada provokasi dan berpotensi akan memecah belah bangsa Indonesia yang selama ini hidup rukun.

"Kami melihat ada upaya dikotomi, upaya provokasi yang membawa nuasa agama sedangkan kita sama-sama tahu bahwa Negara kia Negara Pancasila dan berdasarkan UUD 1945," kata Aulia saat melapor, Ahad.

Sementara itu, Anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengingatkan pihak-pihak yang melaporkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, agar mencermati fakta hukum secara teliti. Ada kemungkinan PAN akan melaporkan balik pelapor Amien Rais.

Saya menasihati pelapor Pak Amien agar cermati fakta hukum. Jangan sampai Anda menafsirkan ucapan Pak Amien terlalu jauh sehingga malah memfitnah Pak Amien. Itu yang justru melanggar hukum," kata Drajad.

Dia merujuk ke hizbullahdanhizbusy-syaithon yang disebutkan Amien yang merupakan bahasa Alquran. Amien menyebutkan partai yang berarti golongan atau kelompok besar, lebih luas dari parpol, bukan menunjuk parpol tertentu. Sebagai bukti, Dradjad meminta agar melihat kutipan pernyataan Amien Rais, yaitu, bukan hanya PAN, PKS dan Gerindra, tapi kelompok yang membela agama Allah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES