Rabu , 06 December 2017, 16:29 WIB

Anies Muncul di Kandidat Pilpres, JK: Fokus di DKI Saja

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Rizky Jaramaya
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri)
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sejumlah survei politik, elektabilitas Anies Baswedan muncul sebagai kandidat dalam Pilpres 2019. Menanggapi hal tersebut Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meminta agar Anies fokus terlebih dahulu untuk menjalankan tugasnya untuk memimpin DKI Jakarta.

"Saya yakin Pak Anies itu lebih memfokuskan diri ke tugasnya di DKI Jakarta," ujar Jusuf Kalla ketika ditemui dikantornya, Rabu (6/12).

Jusuf Kalla enggan berkomentar lebih jauh mengenai kemungkinan Anies maju dalam Pilpres 2019. Menurutnya, semua orang memiliki kemungkinan. Jusuf Kalla berpendapat, tugas Anies sebagai gubenur DKI Jakarta merupakan amanah dari masyarakat.

Tidak menutup kemungkinan, jika Anies dapat melaksanakan tugas di DKI Jakarta dengan baik maka akan ada kesempatan bagi dia untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu). Akan tetapi, Jusuf Kalla menegaskan, Anies harus menyelesaikan tugas-tugasnya terlebih dahulu di DKI Jakarta.

"Ya harus fokus dulu di DKI (Jakarta), harus menyelesaikan tugas-tugas di DKI (Jakarta) dengan baik. Kalau tugasnya di DKI baik pasti kemungkinan untuk Pemilu akan datang terbuka, harus dibuktikan dulu di DKI," kata Jusuf Kalla.