Senin , 16 October 2017, 19:38 WIB

Pidato Pertama Anies di Hadapan Dewan Ditunda

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Elba Damhuri
Republika/Prayogi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberikan sambutan usai melakukan serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa Jabatan tahun 2017-2022 di Balaikota, Jakarta, Senin (16/10).  ubern
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberikan sambutan usai melakukan serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa Jabatan tahun 2017-2022 di Balaikota, Jakarta, Senin (16/10). ubern

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rencana pidato Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di hadapan anggota DPRD DKI ditunda. Alasannya, dewan belum melakukan rapat badan musyawarah (Bamus) untuk menggelar rapat paripurna sebagai forum penyampaian visi misi Anies-Sandi.

"Kemungkinan Selasa (17/20) atau Rabu (18/10) paling lambat. Tidak apa-apa juga kalau Rabu kan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik, Senin (16/10).

Taufik mengatakan, rapat Bamus baru akan dilaksanakan Senin (16/10). Dalam prosedur di DPRD, rapat paripurna harus melalui penjadwalan oleh Bamus. Rencananya, di rapat paripurna ini Anies akan menyampaikan visi misinya selama lima tahun ke depan di hadapan dewan.

Sekretaris Daerah DKI Saefullah mengatakan, penyampaian visi misi gubernur baru akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Meski pidato tidak hari disampaikan hari ini, Saefullah berharap bisa dilakukan secepatnya.

"Tetapi ini ranahnya DPRD, saya tidak mencampuri, semakin cepat, semakin baik. Karena ini masyarakat sudah menunggu," ujar dia.

Anies rencananya akan menyampaikan pidato pertamanya di hadapan dewan di gedung DPRD DKI usai dilantik. Pidato yang berbeda juga rencananya akan disampaikan di hadapan warga di depan Blok G Balai Kota DKI, Senin (16/10) malam.