Ahad , 06 Oktober 2013, 14:57 WIB

Mesir Bebaskan Dua WN Kanada Setelah Ditangkap Tanpa Tuduhan

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Bendera Mesir
Bendera Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Departemen Luar Negeri Kanada mengatakan dua warganya yang ditangkap tanpa tuduhan dalam beberapa pekan lalu di Mesir telah dibebaskan dari penjara.

Menteri Hubungan Konsulat Kanada, Lynne Yelich mengatakan Kanada menyambut pembebasan John Greyson, seorang pembuat film dan akademisi, serta seorang dokter, Tarek Loubani. Kedua orang itu ditahan tanpa tuduhan sejak pertengahan Agustus.

Pria tersebut mengatakan mereka melihat demonstrasi anti-pemerintah pada 16 Agustus lalu. Loubani mengobati para demonstran yang terluka, sementra Greyson merekam kerusuhan dalam video.

Mereka merilis sebuah pernyataan pekan lalu. Mereka mengatakan telah dipukuli dan mengalami perlakuan merendahkan. Dalam laporan al-Jazeera, Menteri Luar Negeri Kanada memperingatkan Mesir penahanan itu merupakan ancaman signifikan terhadap hubungan antara kedua negara.

Pemerintah Mesir menekan dengan kekerasan demonstrasi anti-pemerintah yang digelar sebagian besar pendukung presiden terguling, Muhammad Mursi. Ratusan orang tewas dalam pembubaran demonstrasi pada Agustus lalu.