Rabu , 13 September 2017, 15:35 WIB

SBY Sambut Basaria Pandjaitan di Kantor Demokrat

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andi Nur Aminah
Republika/ Wihdan Hidayat
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut hangat kedatangan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Pandjaitan yang mewakili KPK dalam diskusi sistem integritas Partai Politik antara KPK dengan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. Dalkam kesempatan itu hadir pula Ketua Fraksi Demokrat di DPR Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Wakil Ketua Umum DPP Demokrat Roy Suryo dan Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin.

"Suatu kehormatan luar biasa KPK bisa hadir di sini, kami di sini hadir bersama tim pencegahan adapula Direktur Gratifikasi Pak Giri Supradiono dan teman-teman dari LIPI. Tujuan kami datang karena kita tahu ada beberapa permasalahan di sektor politik. Kita tahu partai politik adalah lembaga yang tidak dipercaya, diikuti oleh DPR. Ini berdasarkan hasil survei," kata Basaria membuka sambutannya.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Pandjaitan mewakili KPK dalam diskusi sistem integritas Partai Politik antara KPK dengan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. Diskusi yang dilakukan antara tim pencegahan KPK dan para pengurus DPP Partai Demokrat serta pejabat teras Partai Demokrat itu digelar di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (13/9) sore.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Demokrat, SBY menyambut positif diskusi yang diprakarsai oleh lembaga antirasuah tersebut. SBY berharap diskusi ini menjadi momentum untuk bersinergi membersihkan negara dari penyakit bangsa bernama korupsi.

"Alhamdulilah hari ini adalah hari penting karena secara formal KPK hendak melakukan kolaborasi positif untuk sama-sama mengemban tugas yang amat mulia yaitu mencegah dan memberantas korupsi di negeri ini," kata SBY.

Menurutnya, prakarsa yang dilakukan KPK harus didukung semua pihak yang berkomitmen untuk melawan korupsi. "Prakarsa KPK ini baik karena bekerjasama dengan semua parpol mengingat banyak penyakit politik dan penyakit demokrasi yang sebagian dari penyakt itu menjadi tugas KPK untuk memberantasnya," tegasnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, KPK dan para pengurus DPP Partai Demokrat langsung melakukan diskusi terkait sistem integritas partai politik dalam mencegah korupsi secara tertutup. KPK berharap dalam diskusi tersebut bisa muncul berbagai rekomendasi baik dari KPk maupun dari Partai Demokrat.

Adapun sebelumnya jadwal kunjungan tim pencegahan KPK pada sejumlah partai yang telah dilakukan adalah PDIP pada31 Agustus 2017, Gerindra, 7 September 2017,PKB, 7 September 2017, Hanura, 11 September 2017 dan pada hari ini kunjungan ke Partai Demokrat dan Nasdem.