Selasa , 21 February 2017, 12:36 WIB

PKS Sebut Ada Partai Pengusung Agus-Sylvi Sudah Berikan Lampu Hijau

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
Republika/Raisan Al Farisi
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno (kiri) memberikan keterangan kepada awak media saat acara silaturahmi media di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Kamis (16/2).
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno (kiri) memberikan keterangan kepada awak media saat acara silaturahmi media di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Kamis (16/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terus melakukan komunikasi politik dengan partai pengusung Agus Yudhoyono-Sylviana Murni. PKS mengklaim, sudah ada partai pengusung Agus-Sylvi yang menyatakan dukungan untuk pasangan Anies-Sandi di putaran kedua.

"Ada yang sudah lampu hijau, tinggal menunggu deklarasi," kata Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP PKS Al Muzzammil Yusuf, Selasa (21/2).

Muzammil mengatakan, kesepakatan itu telah dicapai di level Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Meski belum mendeklarasikan dukungan secara resmi, dia yakin hal itu tinggal menunggu waktu. Namun, Muzammil enggan membeberkan partai yang hampir pasti akan memberikan dukungan untuk Anies-Sandi tersebut.

"Nanti saja, tunggu deklarasi," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI tersebut.

Meski di tingkat elit partai terus melakukan komunikasi, Muzzammil yakin di level akar rumput pendukung Agus-Sylvi akan beralih ke pasangan Anies-Sandi di putaran kedua. Hal itu terlihat dari antusiasme pendukung pasangan yang diusung Demokrat, PKB, PAN dan PPP tersebut.

Bahkan, kata dia, ada relawan yang sudah secara resmi mendeklarasikan dukungannya. "Dukungan spontan akar rumput memang sudah muncul dari para pendukung AHY, yang beberapa berasal dari pengurus dan aktivis partai-partai pendukung AHY tersebut," ujar dia.

Dari hasil penghitungan KPU DKI Jakarta berbasis formulir C1, Pilkada DKI akan berlangsung dua putaran. Tak ada satu pun paslon yang mendulang suara di atas 50 persen. Dua paslon yang lolos yakni Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Kedua paslon tersebut kini berebut dukungan dari partai pengusung Agus-Sylvi yakni Demokrat, PKB, PAN dan PPP.