Selasa , 26 Juli 2016, 17:51 WIB

Besok, Jokowi Kumpulkan Menteri dalam Sidang Kabinet

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Esthi Maharani
Republika/ Rendra Purnama
Pratikno (Ilustrasi)
Pratikno (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo akan segera mengumpulkan seluruh menteri dalam sidang kabinet paripurna. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pertemuan tersebut akan digelar pada Rabu (27/7) pukul 15.00 WIB.

"Ya, besok ada sidang kabinet," ujarnya di Wisma Negara, Selasa (26/7).

Pratikno mengatakan, agenda sidang kabinet paripurna juga sudah diumumkan kepada para menteri Kabinet Kerja. Sebelumnya, Istana memastikan jadwal sidang kabinet, beredar imbauan melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk para menteri. Melalui pesan itu, Pratikno menyampaikan imbauan dari Presiden agar menteri tak melakukan kunjungan luar kota pekan ini karena ada rapat yang wajib dihadiri.

Presiden memang rutin menggelar sidang kabinet paripurna setiap bulan. Biasanya, rapat yang dihadiri seluruh menteri dan pimpinan lembaga tersebut digelar tiap pekan pertama. Karena merupakan agenda rutin, tak pernah ada imbauan sebelumnya agar menteri tak pergi ke luar kota selama satu pekan penuh. Oleh karenanya, imbauan dari Presiden kali ini kemudian dipersepsikan banyak pihak sebagai sinyal bakal adanya perombakan kabinet jilid dua.

Menanggapi isu perombakan kabinet tersebut, Pratikno mengatakan bahwa keputusan tentang reshuffle akan diumumkan sendiri oleh Presiden jika sudah ada kepastian.

"Itu urusan Presiden. Nanti akan ada pengumuman," ujarnya.