Rabu , 02 September 2015, 19:32 WIB
PAN Gabung Pemerintah

Keputusan Zulkifli Dinilai Langgar Hasil Rakernas PAN

Rep: Agus Raharjo/ Red: Ilham
Ketua MPR Zulkifli Hasan
Ketua MPR Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan yang bergabung dengan pemerintah dinilai menyalahi hasil Rapat Kerja Nasional (rakernas) PAN. Ketua DPP PAN, Agung Mozin menegaskan, PAN berada di Koalisi Merah Putih (KMP) merupakan hasil dari Rakernas yang dikuatkan oleh kongres PAN di Bali.

“Dukungan kita di KMP kan hasil Rakernas dan diperkuat di kongres Bali, jadi kalau beralih harus diputuskan oleh hasil serupa, keputusan Zulkifli itu menyalahi mekanisme organisasi,” kata Agung Mozin pada Republika, Rabu (2/9).

Agung menambahkan pernyataan Zulkifli Hasan ini akan menimbulkan reaksi di internal partai berlambang matahari terbit ini. Terlebih, dalam setiap kesempatan, pendiri PAN, Amien Rais selalu menegaskan posisi PAN akan tetap berada di dalam KMP. Artinya, kata dia, pernyataan Ketua Umum Zulkifli Hasan hari ini berpotensi menimbulkan kegaduhan politik di internal partai.

Dengan pernyataan tersebut, daerah dapat menyatakan DPP bersikap sepihak terkait bergabungnya PAN ke pemerintah. Akibatnya, dukungan kader PAN ke Zulkifli diprediksi akan terganggu dengan sikap DPP.