Selasa, 21 Zulqaidah 1435 / 16 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

KPU Siapkan Web untuk Akses Hasil Pileg 2014

Selasa, 08 April 2014, 09:21 WIB
Komentar : 3
Penyandang disabilitas mengikuti simulasi pemilu yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/4).  (Republika/Agung Supriyanto)
Penyandang disabilitas mengikuti simulasi pemilu yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di gedung KPU, Jakarta, Jumat (4/4). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG— Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah tidak menggelar penghitungan cepat, masyarakat tak perlu khawatir untuk dapat mengakses hasil sementara pemilu legislatif (pileg) 2014. Melalui website di alamat http://www.pemilu2014.kpu.go.id, masyarakat dapat mengetahui perkembangan jumlah perolehan suara dari caleg atau partai politik (parpol) yang terbaharui.
 
“Masyarakat dapat mengetahui jumlah perolehan suara dari caleg atau partai dengan membuka website KPU tersebut,” ungkap Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo, di Semarang, Selasa (8/4).
 
Menurut Joko, KPU memang tak menggelar tabulasi nasional penghitungan suara untuk pileg kali ini. Namun tetap menyajikan hasil penghitungan suara di masing- masing Kabupaten/Kota. Mekanismenya, hasil pemungutan suara dihitung di masing-masing tempat pemungutan suara akan dikirim ke KPU kabupaten/kota untuk dilakukan ‘scanning’. Hal ini berlaku sama di KPU yang ada di seluruh Indonesia.
 
Hasil 'scan' dari tiap daerah di seluruh daerah di Indonesia tersebut kemudian akan langsung dimasukkan ke website resmi KPU RI. “Sehingga masyarakat dapat mengunduh sendiri hasil perolehan suara ini,” tambah Joko.
 
Sementara itu, pada pileg 2014 ini DPC PDIP Kabupaten Semarang telah menyiapkan sistem penghitungan real count, untuk memantau hasil- hasil perolehan suara di daerah ini.
 
Ketua DPC PDIP Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto mengatakan, pihaknya menyiapkan real count untuk mengetahui perolehan suara partainya di Sekretariat DPC PDI Perjuangan, di Bawen, Kabupaten Semarang.
 
“Mekanismenya, setelah pencoblosan, saksi PDIP di tiap- tiap TPS wajib melaporkan hasil perolehan suara kepada DPC. Sehingga hari itu juga sudah tahu berapa perolehan suaranya,” kata Bambang.
 
Ia juga mengatakan, melalui real count ini hasil penghitungan suara yang dilakukan pada pileg dapat diketahui oleh DPC PDIP setidaknya sehari setelah pencoblosan. “Paling tidak pada 10 April sudah masuk data perolehan suara PDIP, di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang,” tambahnya.

Reporter : S Bowo Pribadi
Redaktur : Bilal Ramadhan
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
FOTO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ssttt..Nidji Tertarik Museum dan Sejarah Lho!
JAKARTA -- Grup band Nidji ternyata tertarik dengan museum dan sejarah. Nidji yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Inggris ini menceritakan mereka kagum...

Berita Lainnya

Alhamdulillah, H-1 Logistik Pileg dan Pilgub Lampung Sudah Beres

Din Syamsuddin Disiapkan untuk Maju Pilpres? Ini Tanggapan Muhammadiyah