Senin, 30 Safar 1436 / 22 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inikah Foto Sosok Bunda Putri yang Menghebohkan Itu?

Minggu, 13 Oktober 2013, 06:25 WIB
Komentar : 19
Istimewa
Inikah wajah Bunda Putri itu?
Inikah wajah Bunda Putri itu?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sosok bernama Bunda Putri menjadi perhatian utama publik di Tanah Air, dalam beberapa pekan terakhir.  Adalah mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq  yang  mengaku pernah bertemu dengan sosok Bunda Putri. Malah ia mengaitkan sosok Bunda Putri itu dengan presiden.

"Setahu saya sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," kata Luthfi, saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (10/10) dalam persidangan dengan terdakwa Ahmad Fathanah. 

Luthfi mengaku mengenal Bunda Putri dari Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Saat itu, Luthfi masih menjabat sebagai presiden partai.

Setibanya dari Brunai Darussalam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono langsung menggelar konferensi pers di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (10/10).

Ia memberikan klarifikasi tentang sosok bunda putri yang disebut kenal dekat dengan SBY di persidangan Luthfi Hasan Ishaaq. “Saya tidak tahu. Saya tidak kenal. Tidak ada kaitannya dengan saya,” katanya dengan nada meninggi.

Ia menjelaskan, kalau ada orang yang ingin berhubungan dengannya baik bertemu, mengirimkan surat, ataupun menelpon, pasti melewati perangkat kepresidenan seperti Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, hingga Sekretaris Pribadi.

Artinya, ujar SBY, ada sistem yang harus dilewati sebelum bisa bersentuhan langsung dengan presiden. “Kalau berhubungan dengan saya atau ingin bertemu saya atau menelepon saya, pasti melewati sistem. Sudah saya cek semua, tidak ada satu pun yang tahu,’ katanya.

Presiden SBY mengaku tak hanya mengecek perangkat kepresidenan terkait bunda putri tetapi juga ke keluarga termasuk Ibu Ani Yudhoyono. Keluarga, lanjutnya, sama tidak tahunya dengan sosok tersebut.

“100 persen tidak ada. Oleh karena itu, saya cari tahu siapa sebenarnya bunda putri. Saya mencari sumber-sumber dari lembaga yang sah yang bisa memberikan keterangan kepada saya. Tidak ada yang kenal dengan yang disebut bunda putri,” katanya.

Bunda Putri disebut-sebut sebagai istri salah seorang pejabat di Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian Suswono mengaku mengenal sosok Bunda Putri. Ia bahkan pernah menyambangi kediaman Bunda Putri di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

"Kalau (Bunda Putri) itu yang dimaksud, pernah ketemu (sebelumnya) di Kalimantan," kata Suswono, saat memberikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (3/10). Ia mengatakan mengenal Bunda Putri sebagai pelaku usaha.

Suswono mengenal Bunda Putri berasal dari Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan. Namun, ia mengaku tidak begitu mengenal lebih rinci mengenai sosok Bunda Putri. "Kemudian saya tidak terlalu banyak berinteraksi," ujar menteri yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Meski demikian, Suswono mengakui pernah menyambangi rumah Bunda Putri. Ia mengungkapkan, pernah mencoba mengklarifikasi informasi yang dia terima dari salah satu pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan).

Reporter : Irfan Fitrat/Esthi Maharani
Redaktur : Heri Ruslan
Hati orang yang sudah tua dapat menjadi lupa akan usianya bila ia terlalu mencintai hidup dan harta bendanya(HR Muslim)
FOTO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Mobil Tenaga Surya Karya SMK Muhammadiyah, Din: Sangat Membanggakan
JAKARTA -- SMK Muhammadiyah belum lama ini mengenalkan karyanya, yakni sebuah moda transportasi bertenaga surya. Ketua umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin menjelaskan hadirnya mobil...