Jumat, 28 Muharram 1436 / 21 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pengamat : 2013, Tahun Pertempuran Partai Politik di Indonesia

Minggu, 30 Desember 2012, 16:42 WIB
Komentar : 1
Bendera parpol
Bendera parpol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Boni Hargens memperkirakan 2013 akan menjadi tahun kosong bagi pemerintahan karena partai politik akan bertempur untuk Pemilu 2014. Ia bahkan mengatakan tidak akan ada kebijakan signifikan yang dihasilkan pemerintah tahun depan.

"Tahun 2013 adalah tahun kegamangan karena politik akan bertempur habis-habisan. Gempa-gempa politik berskala besar dan kecil akan terjadi dan penegakan hukum bisa menjadi alat politik," kata Boni ketika ditemui Republika di Cikini, Jakarta Pusat, Ahad (30/12).
 
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa dijadikan instrumen untuk saling menghajar. Dalam pengungkapan korupsi, seperti kasus megaproyek Hambalang kental politiknya dibandingkan hukumnya.

Setelah menteri aktif Andi Mallarangeng ditetapkan sebagai tersangka, imbuh Boni, KPK dinilai mulai serius dan ada sasaran ke Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Namun, kemungkinan itu mustahil karena Anas dan Ibas satu paket dan kental muatan politik.

Sebelumnya, Anas tidak diundang dalam pertemuan DPD se-Indonesia di Cikeas dan pertemuan pendiri dan deklarator Demokrat. Sebagian pihak karena Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih ingin menunjukkan kekuatannya. Secara tidak langsung, sikap tersebut ingin mendelegitimasi posisi Anas.

Boni menilai posisi Anas saat ini bagaikan duri dalam daging Partai Demokrat. Namun, SBY sebagai Ketua Dewan Pembina Partai DEmokrat merasa takut untuk dilengserkan.

"Diduga lingkaran istana enggak bersih. Ada juga yang kecipratan sehingga posisi SBY sekarang ini serba salah sebab Anas secara formal masih punya kekuasaan, sehingga saat ini semua memilih untuk bermain aman," ujar Boni.




Reporter : Ani Nursalikah
Redaktur : Citra Listya Rini
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ritual Seks Gunung Kemukus, Ini Solusi MUI
JAKARTA --  Terungkapnya sebuah ritual seks kuno di Gunung Kemukus, Jawa Tengah, oleh seorang wartawan asal Australia, Patcrik Abboud membuat geger masyarakat Indonesia....