Selasa, 03 Juli 2012, 20:45 WIB

PD-UMNO Sepakat Bentuk Komite Bersama

Red: Dewi Mardiani
Tahta Aidilla/Republika
Anas Urbaningrum
Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat (PD) dan The United Malays National Organisation (UMNO) sepakat membentuk komite bersama yang akan membahas persoalan Indonesia-Malaysia. Ketua Umum DPP PD, Anas Urbaningrum, menyampaikan hal itu usai pertemuan dengan Deputy President UMNO Muhyiddin Yassin di Jakarta, Selasa (3/7).

Ia berharap, dengan adanya komite bersama itu, berbagai masalah yang kerap mengganggu hubungan Indonesia-Malaysia, seperti persoalan tenaga kerja Indonesia (TKI), wilayah perbatasan, dan klaim sepihak budaya Indonesia oleh Malaysia, bisa dicarikan solusinya.

Menurut Anas, komite bersama itu merupakan bentuk kerja sama antara PD dan UMNO dalam mencari solusi dari permasalahan yang kerap terjadi dalam hubungan Indonesia-Malaysia. Anas meyakini jika kedua partai yang sama-sama menjadi partai penguasa di negara masing-masing ini bekerja sama akan menghasilkan kontribusi yang penting bagi kedua negara.

"Kami sepakat bentuk komite bersama. Intinya komitmen kerja sama antara Demokrat dan UMNO, terutama terkait dengan isu sensitif. Kami yakin kalau dua partai ini kerja sama, akan punya kontribusi dan saling menguntungkan Indonesia dan Malaysia. Sebagai tetangga tak ada pilihan lain kecuali kerja sama dan persahabatan yang komprehensif," kata Anas.

Sumber : Antara