Rabu, 23 Mei 2012, 17:48 WIB

Susunan Fraksi Demokrat di DPR

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Djibril Muhammad
Edhie Baskoro Yudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sekjen Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) membacakan susunan baru pimpinan fraksi dan komisi di DPR. Nurhayati Ali Assegaf yang sebelumnya dikabarkan mengisi posisi ketua fraksi kini secara resmi mengisi kekosongan pimpinan yang telah berlangsung selama hampir dua bulan.

"Pergantian fraksi hal wajar dan sudah dilakukan fraksi lain. Demokrat selama ini memberikan kesempatan 2,5 tahun untuk pengurus saat ini. Karena itu, ini waktu yang tepat untuk penyegaran secara keseluruhan," papar Ibas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/5).

Sementara itu, Jafar Hafsah yang sebelumnya mengisi posisi ketua fraksi ditempatkan sebagai Ketua Fraksi MPR. "Pak Jafar kami berikan posisi yang lebih mulia di Fraksi MPR. Sebagai ketua bersama dengan Agus Bastian sebagai sekretaris," jelas Ibas.

Menurutnya, penyegaran ini wajar karena memang Demokrat belum pernah melakukan rotasi sejak awal. Padahal fraksi lain sudah melakukan hal tersebut.

Pengurus baru itu pun dipilih dengan pertimbangan loyalitas dan profesionalisme dalam bekerja. Kesempatan ini juga sekaligus untuk melakukan pemerataan kesempatan bagi seluruh kader Demokrat di DPR.

Pengurus fraksi baru diharapkan dapat berkomunikasi dengan seluruh pihak. Mulai dari internal, pimpinan DPR hingga fraksi lain. Sehingga dapat mendukung program yang dicanangkan pemerintah. "Kami juga minta agar seluruh anggota di DPR untuk menjaga solidaritas," tandas Ibas.


Berikut susunan baru fraksi Demokrat di DPR:

Ketua Fraksi: Nurhayati Ali Assegaf
Sekretaris Fraksi: Saan Mustopa
Wakil Ketua Komisi I: Ramadhan Pohan;
Wakil Ketua Komisi II: Taufik Efenddi;
Ketua Komisi III: I Gede Pasek Suardika;
Wakil Ketua Komisi IV: Herman Khairon;
Wakil Komisi V: Mulyadi;
Wakil Komisi VI: Benny K Harman;
Ketua Komisi VII: Sutan Batoegana;
Ketua Komisi VIII: Gondo Radyto Gumbiro;
Wakil Ketua Komisi IX: Nova Riyanti Yusuf;
Ketua Komisi X: Agus Hermanto;
Wakil Ketua Komisi XI:Timo Pangeran

Wakil Ketua BURT: Indrawari Sukandis;
Wakil Ketua BAKN: Yahya Sacawirya;
Wakil Ketua BKSAP: Hayono Isman;
Ketua Baleg: Ignatius Mulyono;
Wakil Ketua BK: Abdul Wahab Dalimonte;
Wakil Ketua Banggar: Djoko Ujianto

loading...