Senin , 21 May 2012, 15:49 WIB

Jubir: Presiden tak Usulkan Pencalonan Ani Yudhoyono

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Antara/Widodo S Jusuf
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan).
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden dan keluarganya tidak pernah mengusulkan Ani Yudhoyono untuk mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden 2014. Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, menyatakan itu di Jakarta, Senin (21/5).

"Bapak Presiden dan keluarganya tidak pernah mengusulkan itu. Itu (usulan pencalonan) bukan dari keluarga Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Julian di Bina Graha, Jakarta. Meskipun demikian, menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mendegar adanya usulan tersebut dari masyarakat.

Ia menilai dalam iklim demokrasi saat ini, setiap masyarakat berhak untuk mengusulkan nama yang diinginkan untuk dicalonkan sebagai Presiden bila dianggap pantas. Sementara itu, politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul kembali memunculkan wacana Ibu Negara Ani Yudhoyono pantas untuk dicalonkan dalam pemilihan Presiden 2014.

Ruhut menilai, Ani Yudhoyono dapat diterima oleh masyarakat dan berdasarkan survei yang telah dilakukan sebelumnya oleh Lembaga Survei Indonesia mampu masuk dalam lima besar. Namun, menurut Ruhut, sampai saat ini Partai Demokrat belum memutuskan hal itu.

Sebelumnya, pada 2011, nama Ani Yudhoyono juga sempat dimunculkan oleh beberapa kalangan untuk dicalonkan dalam Pemilihan Presiden 2014. Namun, kemudian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara langsung berpidato bahwa istrinya dan keluarganya tidak akan mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden 2014.

Sumber : Antara