Selasa, 01 Mei 2012, 08:55 WIB

PAN Giatkan Konsolidasi

Rep: Erdy Nasrul/ Red: Hazliansyah
Republika/Yogi Ardhi
Simpatisan Partai Amanat Nasional (PAN)
Simpatisan Partai Amanat Nasional (PAN)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) menggiatkan konsolidasi dengan konstituennya di daerah-daerah. Basis massa dari berbagai ormas didekati agar bisa menjadi pendukung partai yang kini dipimpin oleh ketua umumnya, Hatta Rajasa.

Massa yang menjadi target PAN adalah Nahdhatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Tujuannya untuk memaksimalkan persiapan pencapresan Ketum PAN Hatta Rajasa.

"Kami silaturahim kepada pinisepuh yang dulu memilih PAN pada pemilu sebelumnya. Kami mengharapkan doa restu dan dukungan kiai NU kepada PAN dan capres yang sudah dikukuhkan PAN secara bulat dan utuh Pak Hatta," tegas Sekjen PAN Taufik Kurniawan, kepada Republika, Selasa (1/5).

Basis massa NU di Jawa Timur mendominasi dan sangat mengakar. Menurut Taufiq, basis NU di Jawa Timur terus ditempel. PAN ingin mengembalikan basis NU yang sebagian pernah mendukung PAN pada pemilu lalu.

Pengurus PAN keliling ke daerah tapal kuda yang belum raih suara optimal dalam pemilu sebelumnya. Pihaknya melakukan silturahim ke Ponpes di Bondowoso.

"Alhamdulilah pada saat kami menyampaikan saya mohon doa restu dari pak kiai di sana. Alhamdulilah kiai pinisepuh merespon sangat baik. Dan di luar perkiraan kami mereka menyampaikan mendukung Pak Hatta. Ada yang memutuskan putra-putrinya menjadi caleg DPR/DPRD dari PAN," katanya.