Sunday, 2 Muharram 1436 / 26 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Nasdem Bakal Jadi Pesaing Terberat Peserta Pemilu 2014?

Monday, 12 March 2012, 10:35 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lembaga Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) akan menjadi pesaing terberat bagi partai-partai politik papan tengah dalam Pemilu 2014 nanti.

Menurut Direktur LSI Dodi Ambardi, di Jakarta, Senin, prediksi tersebut didasarkan pada hasil survei yang dilakukannya terhadap tingkat popularitas dan elektabilitas parpol di masyarakat.

"Kalau dihitung secara pesimis dengan margin of error 2 persen, NasDem setidaknya sudah mampu mendapat suara nasional 3,9 persen. Tapi kalau NasDem optimis, suara yang bisa diraih bisa mencapai 7,9 persen," kata Dodi Ambardi.

Lebih lanjut dia mengemukakan bahwa apabila mengacu pada pengalaman sejumlah partai politik yang eksis sekarang ini, seperti Partai Demokrat (PD) dan PKS, kedua parpol itu juga mengalami fase yang sama ketika pertama kali didirikan menjelang pemilu.

Tingkat elektabilitas PD dan PKS pada saat pertama kali didirikan menjelang Pemilu 2004, masing-masing adalah 3 dan 4 persen dan itu pun waktunya hanya sekitar 6 bulan sebelum Pemilu 2004 dilaksanakan.

Sementara untuk Partai NasDem ini, ia menambahkan, telah mampu meraih kisaran pesimis berdasarkan survei sebesar 3,9 persen dan jangka waktu menjelang pemilu 2014 masih dua tahun lagi.

"Jadi setidaknya NasDem sudah berada di partai papan tengah, padahal pengesahan dari KPU terhadap partai ini pun belum dilakukan," ujarnya.

Berdasarkan beberapa survei LSI sebelumnya, menurut Dodi, pada 2010 dukungan NasDem baru sebesar 0,3 persen, 2011 sekitar 1,3 persen, dan pada awal Februari 2012 sebesar 1,6 persen.

"Sementara ini dukungan terhadap NasDem belum banyak menggangu partai-partai yang sudah punya wakil di DPR. Nasdem sejauh ini kelihatannya baru mengumpulkan suara dari pendukung partai-partai lain yang tidak lolos ke DPR dan yang selama ini terlihat kurang aktif," ujarnya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua Dewan Pakar Partai NasDem, Hary Tanoesoedbjo merasa bersyukur atas hasil survei LSI ini. "Dalam waktu singkat Partai NasDem mencapai 5,9 persen dan menempati urutan keempat partai terbesar. Ini prestasi luar biasa untuk kami," ujarnya.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Barangsiapa tidak meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan dusta maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya ((HR Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Doyan Minum Soda Tampak Lebih Tua?
SAN FRANSISCO -- Sebuah studi menemukan minuman bersoda dapat membuat sel-sel tertentu dalam tubuh menua lebih cepat. Peneliti University of California, San Fransisco menyimpulkan...