Sunday, 1 Safar 1436 / 23 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

'Pagar Betis' Dukung Sultan HB X Jadi Capres 2014

Wednesday, 08 February 2012, 15:22 WIB
Komentar : 3
Republika
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -  Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X enggan berkomentar mengenai dukungan sejumlah pihak yang mendukung dirinya untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2014 mendatang. 

"Nggak tahu aku. Nggak punya komentar aku," kata Sultan pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (8/2) saat ditanya soal adanya dukungan terhadap dia sebagai capres 2014. 

Paguyuban Rakyat Yogya Pro Demokrasi (Pagar Betis) yang berpusat di Wates merupakan salah satu organisasi yang mendukung pencalonan Sultan HB X menjadi capres 2014. Alasannya, Sultan HB X adalah tokoh yang cukup kuat dan layak untuk berkompetisi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurut dia, pengusungan dirinya untuk menjadi RI -1 tersebut masih terlalu dini untuk dibicarakan. Karena Pilpres masih tiga tahun lagi digelar. ''Saya nggak mau komentar. Masih terlalu pagi. Subuh wae durung,''kata Sultan sebelum meninggalkan Kepatihan.

Sementara itu, ketua sekber keistimewaan Widihasto Wasana Putra menyatakan, pihaknya tidak perlu menanggapi manuver- manuver tersebut. Masyarakat juga diminta tidak usah menanggapi dengan serius. ''Masih terlalu pagi kalau ngomongin masalah nyapres (mencalonkan  presiden),''kata dia.

Menurut Hasto, pihak yang mencalonkan HB X sebagai capres tersebut tidak mengerti situasi hati masyarakat DIY. Saat ini, lanjutnya, masyarakat DIY masih dipusingkan dengan ketidakjelasan RUUK antara penetapan atau pemilihan kepala dan wakil kepala daerah. Dia juga menyarankan pada elemen tersebut untuk mengusungkan yang lain. ''Usung tokoh lain saja,''kata dia. 

Berdasarkan hasil survey dari beberapa lembaga survey di Indonesia diantaranya Lembaga Survey Indonesia (LSI) pada Januari lalu bahwa HB X merupakah 10 calon presiden potensial dan populer di Indonesia. 

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Ramdhan Muhaimin
Hai Bani Israil, ingatlah akan nimat-Ku yang telah Ku-anugerahkan kepadamu dan Aku telah melebihkan kamu atas segala umat. (QS. Al-Baqarah [2]:122)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Alhamdulillah, Partai Perdana Skuat Garuda Raih Poin, Ini Gol yang Tercipta
JAKARTA -- Meski sempat tertinggal dua kali dari tuan rumah Vietnam, skuat Indonesia berhasil memaksa tuan rumah berbagi skor 2-2 dalam laga perdana....