Selasa , 09 August 2011, 23:15 WIB

Bila Mau Calonkan Diri, Sri Mulyani Disarankan Tuntaskan Kasus Century

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Antara
Mantan menkeu Sri Mulyani yang sekarang bertugas di Bank Dunia
Mantan menkeu Sri Mulyani yang sekarang bertugas di Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Politisi PDI Perjuangan Budiman Sujatmiko mengatakan Sri Mulyani Indrawati sebaiknya menuntaskan terlebih dahulu kasus Bank Century bila ingin mencalonkan diri sebagai presiden.

"Ini penting agar ia tak tersandera dengan kasus itu, ini kan bisa menjadi sandungan bagi dirinya," kata anggota DPR tersebut di Jakarta, Selasa (9/8).

Menurut Budiman, pencalonan Sri Mulyani merupakan hak setiap warga negara. Di sisi lain, setiap warga negara juga berhak untuk mencalonkan diri sebagai presiden, sesuai dengan prosedur dan undang-undang yang berlaku.

Ia menambahkan, bila memang Sri Mulyani akan mencalonkan diri sebagai presiden, maka sudah selayaknya ia juga melakukan berbagai pekerjaan politik.

"Bekerjalah dengan kerja-kerja politik yang bermakna dan etik," katanya.
Mantan Ketua PBNU Salahudin Wahid sependapat, meski Sri Mulyani memiliki kemampuan namun kasus Century bisa menjadi sandungan.

"Cuma selama ini kan orang mengaitkan dia dengan Bank Century , ganjalan besar, meski seorang pekerja keras, seorang yang cerdas di Departemen Keuangan cukup bagus memerangi korupsi, tetapi di pihak lain juga dituduh terlibat masalah Century," katanya.

Salahuddin Wahid yang juga pernah menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan Wiranto tersebut menambahkan, pengajuan Sri Mulyani hanyalah meniru skenario Presiden SBY dengan Partai Demokrat.

"Mendapatkan suara besar kan juga tidak mudah, paling mengulang cerita Partai Demokrat mendapat tujuh persen,harus berkoalisi dengan partai lain," katanya

Sumber : Antara