Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Thursday, 9 Ramadhan 1439 / 24 May 2018

Ridwan Kamil Berkomitmen Jaga Stabilitas Investasi di Jabar

Jumat 11 May 2018 12:45 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan paparannya saat Debat Publik Pertama Pilgub Jawa Barat 2018 bersama empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Senin (12/3).

Pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan paparannya saat Debat Publik Pertama Pilgub Jawa Barat 2018 bersama empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Senin (12/3).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Menyediakan bus gratis bagi buruh dan sembako murah.

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR--Calon gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil menjanjikan jika terpilih sebagai gubernur Jabar pada kontestasi Pilkada serentak 27 Juni mendatang, dia akan menjaga stabilitas  iklim investasi bagi para pelaku industri di Jawa Barat.  “Menjaga stabilitas tersebut antara lain bisa dilakukan dengan pemenuhan hak-hak dasar buruh sehingga mereka tidak selalu menuntut kenaikan upah minimum regional (UMR),” kata pria yang kerap disapa Kang Emil ini saat berkunjung ke pabrik pembuat boneka PT Aurora World Cianjur, di Desa Salajambe, Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

Menurut Kang Emil, stabilitas UMR yang kompetitif juga harus seimbang, karena UMR yang terlalu tinggi  membuat (pelaku industri) pindah ke daerah yang UMR-nya masih rendah, misalnya Jawa Tengah. Untuk itu, dibutuhkan program untuk mensejahteraan kehidupan buruh.  Di Bandung, pada 2017 dia  menerapkan dua program untuk meningkatkan kesejahteraan buruh. Yakni, menyediakan bus gratis bagi buruh dan sembako murah.  Kedua program itu berdampak pada pengeluaran buruh, mereka tak lagi mengeluarkan ongkos transport karena ada bus gratis dan  membeli sembako dengan harga murah.  “Dengan program itu pengeluaran buruh berkurang,  sehingga buruh bisa menabung,'' tandas Kang Emil yang meraih predikat pemimpin terbaik versi Majalah Fortune ini.

Dampaknya, pada 2017 di Bandung tidak ada demo buruh, karena buruh merasa disejahterakan oleh pemimpinnya. Ke depan, program lainnya yang dapat menekan pengeluaran buruh bisa ditambahkan. “Program yang kami nilai berhasil di Bandung akan diaplikasikan ke Jawa Barat jika Allah mentakdirkan saya menjadi gubernur,” ucap Kang Emil dalam rilis. 

Sementara itu, program lain yang akan diwujudkan adalah membangun kawasan pemukiman di dekat pabrik. Menurut dia, ini adalah  solusi untuk meningkatkan taraf hidup kaum buruh. “Program Rindu membangun apartemen di pabrik. Ini  solusi yang paling logis akan kita tawarkan kepada  buruh se-Jawa Barat," ucap peraih Walikota Terbaik Tahun 201s7 dari Kemendagri ini.  PT Aurora World Cianjur ini mempekerjakan lebih dari 3800 karyawan yang sebagian besar merupakan pekerja perempuan. Pabrik beromset Rp28 miliar per bulan ini mengekspor produk  bonekanya ke pasar Amerika dan Eropa. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES