Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Hasil Kesehatan Paslon Cagub Jabar Diketahui Pekan Depan

Kamis 11 January 2018 20:47 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hazliansyah

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat berbincang akrab usai melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (11/1).

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat berbincang akrab usai melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (11/1).

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Hasil pemeriksaan kesehatan fisik, rohani, dan bebas narkoba semua pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat (Jabar) akan diserahkan tim pemeriksa ke KPU, Selasa pekan depan (16/1).

Ketua Tim Pemeriksa, Nuki Nursyamsi mengatakan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar nantinya akan menggelar rapat pleno untuk menyusun hasil pemeriksaan secara keseluruhan. Rencananya, hasil diketahui pada tanggal 15 Januari lalu sore atau malam diserahkan ke KPU Jabar.

"Hasil pemeriksaan ini, diumumkan oleh KPU Jabar tanggal 16 (Januari,red). Akan diumumkan resmi oleh KPU," ujar Nuki kepada wartawan di RSHS Bandung, Kamis petang (11/1).

Nuki mengatakan, pemeriksaan kesehatan Cagub dan Cawagub Jabar tahun ini lebih lengkap dibanding Pilgub 2013. Timnya mengerahkan 14 dokter spesialis dan sub spesialis yang secara keseluruhan berjumlah 27 dokter.

"Kami juga mengerahkan 30 perawat, 45 psikolog, 10 ahli dari BNN, dan 50 tenaga pendukung lainnya," ujar Nuki.

Sementara menurut Ketua IDI Jawa Barat, Eka Mulyana, tim pemeriksa membutuhkan waktu untuk menyimpulkan kondisi kesehatan semua calon. Terkait kriteria kesehatan yang bisa menggugurkan calon, istilahnya ketidakmampuan bekerja atau disability.

"Kriterianya banyak. Tapi, yang paling menentukan bisa tidak calon tersebut bekerja lima tahun ke depan," kata Eka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES