Ahad , 20 August 2017, 20:44 WIB

Sudirman Said Ungkap Alasan Ingin Nyalon di Pilkada Jateng

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Qommarria Rostanti
dok. Istimewa
Bakal calon gubernur Jateng Sudirman Said bersilaturahim  ke kediaman  Mbah Maimoen di kompleks pondok pesantren Al Anwar, Sarang, Rabu (16/8) subuh.
Bakal calon gubernur Jateng Sudirman Said bersilaturahim ke kediaman  Mbah Maimoen di kompleks pondok pesantren Al Anwar, Sarang, Rabu (16/8) subuh.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said, mengatakan Jateng adalah tulang punggung Republik Indonesia. Karena itu, menurut dia, Jateng harus kuat, maju, dan berdaya guna menopang tegaknya negara ini.

Demikian disampaikan Sudirman di hadapan ribuan warga Jateng dalam acara Silaturahim Warga Jateng di Balairung Universitas PGRI Semarang, Ahad (20/8) di Semarang. Dalam kesempatan silaturahim warga itu, Sudirman, menerima mandat untuk memperjuangkan aspirasi warga yang berharap Jateng menjadi provinsi yang maju dan bermartabat.

Ada beberapa hal yang membuat dia terketuk untuk menerima mandat tersebut. Pertama, menurut dia, bahwa segala kekurangan yang dimiliki Jateng adalah ruang besar yang perlu mendapat perbaikan dan pertumbuhan. "Inilah salah satu alasan mengapa saya mau menerima mandat dari warga Jateng," kata dia dalam siaran pers yang diterima, Ahad (20/8).

Dua alasan lainnya adalah dia merasa memiliki utang kepada negara yang harus dibayar. Beasiswa yang diterimanya dari negara sehingga membuatnya dientaskan dari jurang kemiskinan dianggapnya sebagai utang yang harus dibayar.

"Kalau tidak dientaskan negara, saya tidak akan sampai pada titik ini, dan bisa menempati beragam posisi yang strategis di negeri ini," kata dia.

Alasan berikutnya adalah keinginannya mengembalikan politik seperti pada masa perjuangan dulu, di mana politisi umumnya adalah orang-orang yang berintegritas, jujur, dan berjuang semata untuk kemajuan bangsa. "Tiga alasan itu yang membuat saya mau menerima amanat ini," ujar Sudirman.