Senin , 07 November 2016, 09:36 WIB

Wapres Siap Buka Sidang Interpol

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Republika/Yasin Habibi
Wakil Presiden Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Wakil Presiden RI Jusuf  Kalla (JK) rencananya yang akan membuka sidang umum Interpol (SUI)  ke 85. Pembukaan SUI akan dilakukan di gedung Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), pada Senin (7/11) pukul 10.00 WITA.

"Iya, sidang akan dibuka oleh Pak Juyuf Kalla," ujar Kabagpenum Polri Kombes Martinus Sitompul di BNDCC, Senin (7/11).

Menurutnya dalam sidang Interpol ini sebanyak 830 delegasi yang datang dan 429 non delegasi. Sehingga totalnya ada 1.360 orang yang menghadiri sidang umum Interpol dari 162 Negera. "Ini update registrasi Interpol tadi malam," ujarnya.

Martinus melanjutkan beberapa peserta yang juga turut hadir dalam sidang Interpol ini di antaranya Menko Polhukam Wiranto,
Presiden Interpol Mireille Ballestrazzi, Sekjen Interpol Juergen Stock, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya, Kasetwapres Mohammad Umar, Deputi III Setwapres dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

Untuk diketahui dalam sidang umum Interpol ini rencananya ada tiga masalah yang akan menjadi pokok pembahasan utama. Di antaranya ancaman teroris, kejahatan Cyber dan kejahatan yang terorganisir.

Adapun Indonesia sebagai tuan rumah juga akan menghadirkan dua orang pembicara. Yakni Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.