Jumat , 14 Oktober 2016, 11:03 WIB

'Saya Lahir di Kudus, dengan Nama Lengkap Nusron Wahid'

Red: Erik Purnama Putra
@NusronWahid1
Dokumen asli yang memuat nama Nusron Wahid.
Dokumen asli yang memuat nama Nusron Wahid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang menyangka kalau politikus Partai Golkar Nusron Wahid adalah termasuk keluarga besar KH Wahid Hasyim. Namun, kabar itu sudah dibantah oleh Salahuddin Wahid dan Lily Wahid.

Namun, muncul isu baru kalau Nusron dulunya memiliki nama lengkap Nusron Purnomo. Ternyata, kepala BNP2TKI tersebut sudah menyandang nama Nusron Wahid sejak lahir. Dia pun mengklarifikasi hal itu melalui akun Twitter, @NusronWahid1 beberapa waktu lalu.

"Terima kasih fitnahnya, semoga dosa saya diampuni. Saya lahir di kudus, dengan nama lengkap Nusron Wahid. Tidak pernah punya nama lain," kata Nusron.

Dia pun sampai mengunggah fotokopi ijazah sekolah yang mencantumkan nama Nusron Wahid. Hal itu dilakukannya supaya orang yang melemparkan isu namanya adalah Nusron Purnomo menjadi percaya. "Saya cek di semua dokumen: namaku Nusron Wahid. Asli tidak nambah dan tidak kurang," kata Nusron.

Kemudian ia juga mengunggah fotokopi akta kelahiran. Menurut dia, nama Nusron Wahid merupakan pemberian orang tuanya. "Kalau ada yang ingin ubah namaku dengan Nusron Purnomo, sebaiknya izin dengan ortuku dan buat "bancakan" atau selamatan dulu," katanya.

Selang beberapa hari kemudian, ia akhirnya mengunggah semua dokumen asli yang mencatat nama Nusron Wahid. Dia pun merasa puas telah menemukan beberapa dokumen asli itu. "Semoga yang memfitnah saya tersenyum dengan dokumen ini. Akhirnya ketemu juga setelah 3 hari mencari," kata Nusron.

Dia pun membalas sebuah akun pengikutnya yang penasaran dengan nama Wahid di belakang Nusron. "@fahri_nusantara @Alissa Wahid Lho sing ngaku kalau aku ini keluarga sedarah sama Gus Dur dan Mbah Wahid iki sopo?" ucap Nusron mengklarifikasi.