Selasa 24 Jul 2012 17:32 WIB

95 Persen Lulusan LP3I Diserap Dunia Kerja

lp3i
Foto: lp3i
lp3i

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di usia yang ke 23 LP3I selalu meningkatkan kualitas lulusannya. “kami akan terus bekerja sama dengan dunia usaha dalam penyediaan SDM yang berkualitas, “ujar Direktur Utama LP3I, Isral nurdin.

Menurut Isral, Peningkatan lulusan inilah yang diharapkan dapat meningkatkan kesetiaan perusahaan kepada LP3I. Dengan beberapa kali diadakannnya company gathering ini, sinergi tersebut dapat semakin terwujudkan dengan adanya feedback (umpan balik) dari berbagai perusahaan mitra LP3I.

Pada company gathering 2011 sebanyak 140 perusahaan hadir dan turut memeriahkan company gathering LP3I ini. Diantaranya Bakrie Group, Pertamina, Indosat, dan berbagai perusahaan lainnya.

Isral mengunngkapkan 95 persen lulusan LP3I telah terserap di dunia usaha dan industri. Walaupun masih ada beberapa persen yang belum, itu dikarenakan para lulusan yang lebih memilih berwirausaha daripada mencari kerja.

Ke depannya lulusan Lp3 selain dibekali kemampuan sesuai kompetensi. Lulusan LP3I ini juga akan dibekali soft skill yang mumpuni. Selama ini beberapa catatan bagi LP3I dari para mitra perusahaan adalah mengenai soft skill, khusuusnya kemampuan memimpin dan komunikasi. “Saat ini perusahaan dan dunia industry tidak hanya butuh yang pintar dan IQ tinggi tapi yang memiliki soft skill yag cukup,” papar Isral.

Direktur Progam LP3I pusat , Rony Setiawan mengatakan selain pengembangan soft skill, pada tahun ini LP3I juga akan mengembangkann wirausaha. Format program wirausaha yang akan diterapkan oleh LP3I nantinya adalah perintisan dalam berwirausaha.

Diantaranya pemberian motivasi  memulai usaha dan rangsangan bagi mahasiswa untuk tertarik memulai usaha. Kemudian apabila mereka sudah memilih membuka usaha, akan diberikan pelatihan pembuatan proposal bisnis dan proyek bisnis unit. Roni juga mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan kemeterian UMKM untuk menindaklanjuti proposal bisnis tersebut. Khususnya untuk implementasi usaha tersebut juga akan bekerjasama dengan para pengusaha dan UMKM. “Harapan kita nantinya lulusan LP3I juga akan berpartisipasi dalam membuka peluang kerja bagi masyarakat. Kami menargetkan, program ini bisa diterapkan bagi mahasiswa di periode angkatan 2011,” ujarnya. (adv)

sumber : LP3I
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement