Selasa , 02 Oktober 2012, 23:01 WIB

Ribuan Bangkai Ikan Terapung di Perairan Cilacap

Red: Hazliansyah
i09.com
Ikan-ikan di laut, ilustrasi
Ikan-ikan di laut, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Ribuan bangkai ikan terapung di perairan Cilacap, Jawa Tengah. Ribuan bangkai Ikan Jahan itu terapung di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kemiren, Kelurahan Tegal Katilayu, Kecamatan Cilacap Selatan, hingga TPI Menganti, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Bangkai ikan jahan ini mulai bermunculan sejak Senin (1/10). Saya pertama kali melihatnya saat hendak melaut," kata seorang nelayan setempat, Sunaryo (45) di TPI Kemiren, Cilacap, Selasa.

Ia mengatakan, bangkai ikan tersebut sekilas seperti sampah plastik yang terapung di perairan. Akan tetapi, katanya, setelah didekati ternyata bukan sampah plastik melainkan ribuan bangkai ikan jahan.

"Jumlahnya sangat banyak, mungkin ribuan. Bangkai ikan jahan ini tidak hanya terapung di perairan, tetapi juga berserakan di tepian pantai," katanya.

Sunaryo menduga matinya ribuan ikan itu disebabkan jaring yang dipasang nelayan tidak mampu menampung ikan jahan yang jumlahnya sangat banyak hingga akhirnya jebol dan berhamburan.

"Kemungkinan saat masih berada di dalam jaring, ikan-ikan jahan itu saling beradu sehingga terkena patil masing-masing hingga terluka. Oleh karena tidak mampu menampung, jaring itu akhirnya jebol dan ikan-ikannya berserakan di perairan," katanya.

Sumber : Antara