Wednesday, 29 Zulqaidah 1435 / 24 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Gempa 5,6 SR Guncang Lombok Tengah, Warga Berhamburan

Thursday, 09 August 2012, 21:02 WIB
Komentar : 1
Antara/M Risyal Hidayat
Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM - Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) yang terjadi Kamis (9/8), sekitar pukul 18.04 WIB mengejutkan masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah yang merupakan wilayah terdekat dari pusat gempa, namun tidak berpotensi tsunami.

Menurut data yang dikutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis malam, menyebutkan, pusat gempa berlokasi 61 kilometer tenggara Lombok Tengah merupakan wilayah I yang terdekat dengan lokasi gempa. Sementara wilayah II berlokasi 78 kilomater barat daya Kabupaten Sumbawa Barat dan wilayah III 81 kilometer tenggara Mataram.

Lokasi gempa terletak pada titik koordinat 9.27 lintang selatan (LS) - 116.37 bujur Timur (BT) pada kedalaman 77 kilometer. Gempa dirasakan cukup keras di seluruh wilayah pulau, bahkan hingga Kabupaten Sumbawa Barat.

Amrillah, salah seorang warga Kota Praya, Lombok Tengah mengaku merasakan guncangan gempa tersebut cukup keras mengakibatkan sebagian warga berlari keluar rumah.

"Saya bersama sejumlah warga lainnya yang sedang berada di dalam masjid berhamburan keluar setelah menunaikan shalat magrib. Namun gempa hanya terjadi beberapa detik dan tidak terlalu mengkhawatirkan," katanya.

Sementara itu Syamsul Rizal, warga Selong, Lombok Timur juga mengaku terkejut, karena guncangan gempa di wilayah tersebut terasa cukup keras. "Sebagian warga berhamburan keluar rumah, karena takut rumah mereka roboh akibat guncangan gempa tersebut. Beruntung gempa tersebut hanya berlangsung beberapa detik saja," katanya.

Demikian juga di Kota Mataram gempa dirasakan cukup keras menyebabkan warga yang baru selesai berbuka puasa berhamburan keluar rumah.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara
Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. ((HR Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Berperan Sebagai Djamin Ginting, Vino Nongkrong di Lapo
 JAKARTA -- Demi film '3 Nafas Likas', Vino G Bastian rela nongkrong di lapo. Ia mengaku mengunjungi lapo guna mengetahui dialek Karo. Di film...