Jumat, 28 Ramadhan 1435 / 25 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pilkada Cilacap Hanya Diikuti Dua Pasangan Calon

Minggu, 10 Juni 2012, 09:59 WIB
Komentar : 2
Blogspot.com
Pilkada (ilustrasi).
Pilkada (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Pilkada Cilacap ternyata hanya akan diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Hingga batas akhir masa pendaftaran pasangan Sabtu (9/6) pukul 24.00, pasangan calon yang mendaftar ke KPU Cilacap hanya terdiri dari pasangan Tatto Ahmad Pamuji-Akhmad Edi Susanto dan pasangan Novita Wijayanti-Mochamad Muslich.

Pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Akhmad Edi Susanto dicalonkan oleh gabungan partai politik yang terdiri dari Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Karya Peduli Bangsa.

Sedangkan pasangan Novita Wijayanti-Mochamad Muslich dicalonkan oleh 9 parpol terdiri dari PDIP, Partai Demokrat, PPP, PKB, PKS, Gerindra, Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia, Partai Nasional Indonesia Marhaenisme dan Partai Bintang Reformasi.

''Pasangan calon yang akan mengikuti pilkada, kemungkinan memang hanya dua pasangan. Waktu pendaftaran sudah ditutup, sehingga tak mungkin lagi ada calon yang bisa mendaftar,'' kata Ketua KPUD Cilacap, Warsid, usai penutupan waktu pendaftaran calon bupati/wakil bupati Cilacap, Sabtu (9/6) pukul 24.00.

Dengan hanya ada dua pasangan yang akan bersaing dalam pilkada, berarti peluang untuk terjadinya pemungutan suara dalam dua putaran, juga tidak mungkin terjadi. Hal ini karena salah satu pemenang, dipastikan akan memperoleh batas minimum perolehan suara.

''Selanjutnya, kami hanya tinggal memeriksa kelengkapan berkas pendaftaran. Bagi yang masih kurangan lengkap, kami memberi waktu untuk melengkapi sampai dengan tanggal 23 Juni 2012,'' jelasnya.

Tatto Suwarto Pamuji, saat ini menjabat sebagai Bupati Cilacap incumbent. Dia sebelumnya merupakan pejabat wakil bupati, mendampingi Bupati Probo Yulastoro yang terpilih dari hasil pilkada 2007. Namun Bupati Probo kemudian tersandung kasus korupsi, sehingga Tatto ditetapkan sebagai Bupati Cilacap. Sedangkan Ahmad Edi Susanto, merupakan sosok pengusaha di Wangon Kabupaten Banyumas, yang juga merupakan kader Partai Golkar.

Berdasarkan tahapan pilkada yang telah ditetapkan KPU Cilacap, pelaksanaan pemungutan suara pemilihan bupati/wakil bupati Cilacap akan dilaksanakan 9 September 2012. Dari hasil proses rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilbup Cilacap Tahun 2012, jumlah pemilih sementara pilkada Cilacap tahun ini berjumlah 1.494.043 pemilih.

Reporter : Eko Widiyanto
Redaktur : Hazliansyah
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar