Jumat, 7 Muharram 1436 / 31 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Megah dan Cantiknya MTQ Nasional di Ambon

Selasa, 05 Juni 2012, 23:48 WIB
Komentar : 1
Antara/Izaac Mulyawan
Sejumlah pekerja sementara menyelesaikan pembangunan panggung utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Kamis (31/5).
Sejumlah pekerja sementara menyelesaikan pembangunan panggung utama Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXIV yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, Kamis (31/5).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Meski baru memasuki tahap persiapan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIV Tingkat Nasional yang akan digelar di Ambon 8 Juni 2012 mendatang telah menarik minat warga Ambon.

Selasa (5/6) malam, ratusan warga yang diberi kesempatan mengunjungi dan menikmati keindahan lokasi tribun Lapangan Merdeka, yang tengah dipersiapkan sebagai arena utama pembukaan MTQ terkesima dengan meriahnya area lokasi.

Banyak warga yang terkesima dekorasi panggung yang terkesan megah dengan nuansa merah-putih serta hijau, di samping tata cahaya ribuan volt yang dipancarkan dari berbagai penjuru lapangan tersebut.

"Wah tata cahayanya megah sekali. Ini seperti hendak menyaksikan konser besar dan megah di kota-kota besar," ujar sejumlah warga.

Warga akhirnya tidak ketinggalan mengabadikan kemegahan arena pembukaan MTQ itu serta berpose bersama keluarga dengan menggunakan kamera telepon genggam, digital maupun kamera profesional.

"Besok malam katong (kita) datang lagi ke sini untuk menyaksikan latihan akhir persiapan MTQ sebelum lokasi ini disterilkan aparat kepolisian dan TNI. Apalagi besok gladinya secara menyeluruh sesuai susunan acara pembukaan MTQ, disertai berbagai tarian, lampu pengeras suara," ujar beberapa warga kepada rekan dan kerabatnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Panitia Daerah, pembukaan MTQ di Ambon diupayakan semeriah mungkin dengan aneka dekorasi serta tata cahaya dan pengeras suara mencapai 10 ribu watt.

"Kami menyiapkan acara pembukaan semeriah mungkin dengan tata cahaya, pengeras suara maupun dekorasi yang didatangkan langsung dari Jakarta," ujar Ketua Harian Panitia Daerah MTQ Maluku, Rachman Soumena.

Panitia juga telah menyiapkan pesta kembang api raksasa, yang disulut dengan menggunakan aliran listrik sesaat setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekan tombol menandai pembukaan MTQ Nasional Jumat malam mendatang.

"Mudah-mudahan MTQ di Ambon menjadi yang termegah, sekaligus menjadi kenangan bagi para peserta dari 33 provinsi yang hadir untuk berkompetisi," ujar Soumena.

MTQN XXIV memperlombakan enam cabang yakni Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan menulis kandungan Al Quran. Untuk cabang Tilawatil Quran dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Quran anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba.

Cabang Hifzil Quran terdiri atas lima jenis lomba, masing-masing satu juz dan Tilawah, lima juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara
Seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW Islam manakah yang paling baik? Rasulullah bersabda: Memberikan makanan, mengucap salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...