Rabu, 14 Ramadhan 1436 / 01 Juli 2015
find us on : 
  Login |  Register

Ribuan Anak di Jambi Buta Huruf Alquran

Selasa, 22 Mei 2012, 20:46 WIB
Komentar : 0
AP
Anak-anak mengaji Alquran (ilustrasi).
Anak-anak mengaji Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Ribuan anak di Kabupaten Batanghari, Jambi buta aksara Alquran. Hingga 2012, tercatat 2.667 anak di Batanghari tak bisa membaca kitab suci umat Islam tersebut.

"Dari 30 ribuan anak seumur itu, ternyata 2.667 anak di Batanghari buta aksara Alquran. Ini sungguh sangat menyedihkan," kata Sekda Batanghari, Yazirman, ketika dihubungi di Muarabulian, Ibukota Batanghari, Selasa (22/5).

Menurut dia, Kecamatan Muarabulian merupakan kecamatan yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah 621 anak. Urutan kedua diduduki kecamatan Bajubang dengan 408 anak, disusul kecamatan Mersam dengan 341 anak.

Sementara peringkat keempat diduduki kecamatan Batin XXIV (261 anak), Kecamatan Marosebo Ilir (257), Kecamatan Marosebo Ulu (247), Kecamatan Pemayung (239), dan Kecamatan Muaratembesi, sebanyak 203 anak. Jumlah ini sangat menyedihkan, apalagi untuk kabupaten peraih lima kali berturut-turut juara umum MTQ Tingkat Provinsi Jambi.

Sekda mengharapkan, semua sektor dapat bekerjasama untuk mengurangi angka tersebut. Ia juga minta kepada para orang tua untuk mendidik anaknya agar bisa membaca Alquran sejak dini. Ilmu pengetahuan umum penting, begitu juga ilmu membaca Alquran. "Orang tua agar mengajarkan anaknya mengaji di rumah atau di tempat pengajian Alquran," ujarnya.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
Sebaik-baik menjenguk orang sakit adalah berdiri sebentar (tidak berlama-lama) dan ta'ziah (melayat ke rumah duka) cukup sekali saja.((HR. Ad-Dailami))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Mutiara Carita, Solusi Melepas Penatnya Rutinitas
PANDEGLANG – Pantai bisa menjadi solusi untuk melepas penatnya rutinitas di Ibu Kota. Jika Anda memiliki rencana berlibur ke Pantai Carita, Pandeglang, Mutiara...