Wednesday, 3 Syawwal 1435 / 30 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

Penerjemah Novel 'Laskar Pelangi' Jepang Riset di Belitung

Thursday, 10 May 2012, 08:36 WIB
Komentar : 0
kaskus.us
Film Laskar Pelangi, salah satu film berkualitas di Indonesia.
Film Laskar Pelangi, salah satu film berkualitas di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Antropolog dari Sophia University Tokyo, Shintaro Fututake PhD dan rekannya Hiroaki Kato melakukan riset selama seminggu (28 April-5 Mei 2012) di pulau Belitung dalam rangka penerjemahan dan penerbitan novel "Laskar Pelangi" di Jepang.

''Kami melakukan riset ini karena kami perlu tahu suasana, budaya  di sana dan latar belakang ceritanya untuk menerjemahkan Laskar Pelangi dalam bahasa Jepang. Sebagai Antropolog, saya pikir  riset untuk memahami budaya, adat, sejarah itu sangat penting,'' kata Shintaro pada Republika, Rabu malam (9/5).

Menurut Penulis Laskar Pelangi Andrea Hirata, selama riset di Belitung, mereka mewawancarai Bu Muslimah-yang menjadi tokoh dalam novel, mengunjungi tempat-tempat yang diceritakan dalam novel Laskar Pelangi dan mempelajari adat dan budaya Belitung. ''Laskar Pelangi direncanakan terbit di Jepang pada Oktober 2012,'' kata dia.

Shintaro merupakan penerjemah novel "Laskar Pelangi" yang ditunjuk oleh  penerbit terkenal di Jepang  bernama Sunmark. Menurut Shintaro, penerbit Sunmark sejak dulu berminat untuk menerbitkan novel Asia. Pada cetakan pertama, rencananya Sunmark akan mencetak "Laskar Pelangi" sebanyak 5000 eksemplar.

Selama ini Sunmark belum pernah menerbit sastra Asia kecuali novel Korea Selatan. ''Kebetulan penerbit mendapatkan informasi tentang novel Laskar Pelangi dari  penerbit di Taiwan yang sudah menerbitkan Laskar Pelangi dalam bahasa Cina. ''Kesempatan ini sangat challenging juga bagi penerbit,'' kata dia.

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
JK, Terpilih Wapres Biasa Saja, Anak dan Cucu Sedih
JAKARTA -- JAKARTA -- Jusuf Kalla sudah diumumkan secara resmi oleh KPU sebagai cawapres terpilih 2014-2019 pada tanggal 22 Juli kemarin. Ini menjadi kali...