Jumat , 04 May 2012, 07:29 WIB

Dewan Usulkan Becak Motor Pemadam Kebakaran

Red: Didi Purwadi
Antara
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api.  (Ilustrasi)
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- DPRD Kota Padang menilai Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) perlu membuat terobosan. Hal ini terkait kendaraan pemadam yang dapat mencapai lokasi kebakaran yang terbilang sulit dijangkau.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Muharlion, mengatakan banyak pemukiman padat yang terdapat di wilayah Kota Padang. Pemukiman tersebut memiliki akses jalan yang sangat kecil. Sehingga, ketika terjadi kebakaran, petugas kebakaran sering kali sulit menjangkau pemukiman tersebut.

Karena permasalahan tersebut, Dewan mengimbau Damkar melakukan terobosan dari segi kendaraan pemadam kebakaran. "Kita melihat Damkar Kota Padang perlu mencontoh DKI Jakarta yang memiliki kendaraan yang dapat menjangkau kawasan sempit," kata Muharlion.

Muharlion menyebutkan salah satu ide penyelesaiannya adalah menyediakan kendaraan pemadam kebakaran dengan ukuran lebih kecil seperti becak motor. Kendaraan tersebut dapat masuk ke pemukiman padat yang tidak dapat dijangkau mobil pemadam berukuran besar.

Ia mengungkapkan bahwa Komisi IV DPRD Kota Padang telah memiliki model untuk mengatasi permasalahan sulitnya menjangkau kawasan padat penduduk. Sementara, anggaran untuk pengadaannya dapat saja menggunakan dana CSR dari BUMN maupun perbankan daerah itu.

Sumber : Antara