Rabu, 26 Ramadhan 1435 / 23 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

BPBD Jabar Siaga Darurat Kekeringan

Senin, 02 Juli 2012, 17:04 WIB
Komentar : -1
Republika/Agung Supriyanto
Kolam yang kekeringan di musim kemarau (ilustrasi).
Kolam yang kekeringan di musim kemarau (ilustrasi).

BANDUNG--Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkan status siaga darurat kekeringan sejak Mei hingga Oktober 2012.

"Memasuki musim kemarau, kami sudah menerapkan status siaga darurat kekeringan dari 4 Mei hingga 4 Oktober 2012. Kami juga telah menyiapkan peralatan pemasok air," kata Kepala BPBD Jawa Barat Udjawalaprana Sigit ketika dihubungi melalui telepon, Senin.

Sigit menuturkan, keputusan menetapkan status siaga darurat kekeringan ini ialah sebagai langkah antisipasi dari Pemprov Jawa Barat apabila di daerah-daerah lainnya terjadi darurat kekeringan saat musim kemarau tahun ini.

Ia mengatakan sudah melakukan rapat koordinasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Pertanian, Perkembunan, Badan pengkajian Penerapan teknologi (BPPT), BMKG, Kepolisian, dan OPD lainnya.

Menurut dia, rapat koordinasi tersebut menghasilkan keputusan untuk menyediakan sarana dan prasarana seputar kebutuhan darurat kekeringan.

"Dalam rapat itu kami telah menginventarisasi berbagai kebutuhan, seperti pompa air, baik pompa untuk kebutuhan pertanian maupun penyediaan air bersih," katanya.

Selain itu, kata Sigit, BPPD Jawa Barat juga telah menyiapkan perangkat untuk membuat hujan buatan apabila terjadi kekeringan yang berkepanjangan di Provinsi Jabar.

Dikatakannya, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan seluruh BPBD perwakilan dari 26 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dengan tujuan untuk menghimpun informasi mengenai daerah-daerah mana saja yang tergolong rawan bencana.

Ketika ditanyakan tentang daerah yang terbilang paling rawan bencana kekeringan di Provinsi Jabar, Sigit menuturkan, Kabupaten Garut dan Kabupaten Karawang adalah wilayah yang rawan kekeringan.

"Untuk Kabupaten Garut termasuk paling rawan kekeringan. Apalagi Karawang yang merupakan daerah lumbung padi ya, kita benar-benar memperhatikan daerah seperti ini," kata Sigit.

Akan tetapi, walaupun sudah ditetapkan status siaga darurat kekeringan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan mengenai daerah yang mengalami kekeringan.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Barang siapa yang mentaatiku berarti ia telah mentaati Allah, dan barang siapa yang mendurhakai perintahku, maka berarti ia telah mendurhakai Allah. Barang siapa yang mematuhi pemimpin berarti ia telah mematuhiku dan barang siapa yang mendurhakai pemimpin berarti ia telah mendurhakaiku(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Komentar Ketua MPR Terkait Penolakan Prabowo
JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Sidarto Danusubroto, menyesalkan penolakan calon presiden Prabowo Subianto terkait hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia meminta...