Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Jumat, 4 Sya'ban 1439 / 20 April 2018

Mantan Kapolda Ramaikan Kandidat Pilgub Jatim

Senin 12 November 2012 23:11 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Chairul Akhmad

Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Untung S Rajab (tengah).

Mantan Kapolda Jatim Irjen Pol (Purn) Untung S Rajab (tengah).

Foto: Antara/Dhoni Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Mantan Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol (Pur) Untung S Rajab, siap meramaikan nama-nama kandidat di Pemilihan Gubernur Jatim, Agustus 2013 mendatang.

Kepastian siapnya putra Surabaya ini maju di Pilgub Jatim, setelah dirinya pensiun dari korps Bhayangkara akhir bulan lalu.

Pencalonan Untung di Pilgub Jatim sebelumnya memang santer terdengar di kalangan media. Namun ia mengungkapkan, dulu sebelum pensiun dirinya enggan membicarakan masalah pencalonan.

"Janji saya kan setelah pensiun memastikan akan maju atau tidak, sekarang saya menyampaikan kesiapan saya maju," ungkap Untung kepada rekan wartawan di Surabaya, Senin (12/11). 

Namun demikian, ia mengungkapkan belum ada partai politik (parpol) yang secara resmi mengusungnya hingga saat ini. Akan tetapi ia mengutarakan sudah melakukan komunikasi politik kepada beberapa parpol termasuk beberapa tokoh dan alim ulama di Jatim.

"Ya niat saya hanya ingin membangun Jatim. Mau diusung dari parpol atau independen, kita lihat saja apakah masyarakat mendukung atau tidak," ucap mantan Jenderal bintang dua ini.

Sebelumnya santer terdengar Untung sudah melakukan pendekatan dengan PDI Perjuangan. Namun ia pun mengaku, masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Karena beberapa nama yang akan diusung dari PDI Perjuangan seperti Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Walikota Surabaya, Bambang DH.

Ketika ditanya pasangan dirinya, di antara beberapa nama muncul seperti Khofifah Indar Parawansa. Ia pun belum bisa berkomentar lebih jauh terkait pasangan tersebut. "Ini kan masih lama, pendaftaran saja belum, kita lihat nantilah," terangnya.

Jelang Pilgub Jatim 2013 mendatang beberapa nama seperti Gubernur incumbent, Soekarwo dipastikan siap maju kembali. Soekarwo pun sudah memberi isyarat akan menggandeng Saifullah Yusuf berduet kembali di Pilgub Jatim mendatang.

Pendaftaran Pilgub Jatim sendiri dijadwalkan Februari 2013. Sedangkan pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2013.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES