Jumat, 25 Jumadil Akhir 1435 / 25 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bila Gunung Raung Meletus, Lima Kecamatan Rawan Dampak Terbesar

Rabu, 24 Oktober 2012, 12:25 WIB
Komentar : 0
Gunung Raung
Gunung Raung

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI--Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, rawan erupsi atau letusan Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl).

"Lima kecamatan yang rawan terkena dampak erupsi Raung adalah Kecamatan Songgon, Sempu, Glenmore, Kalibaru, dan tidak menutup kemungkinan erupsi bisa meluas ke Kecamatan Genteng," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Wiyono, Rabu (24/10).

Status Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi-Bondowoso, Jawa Timur, meningkat dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak Senin (22/10) pukul 20.30 WIB.

Menurut Wiyono, BPBD melalui masing-masing camat sudah melakukan sosialisasi tentang peningkatan status Gunung Raung kepada warga di lima kecamatan yang berada di lereng gunung setempat.

"Posko penanggulangan bencana juga disiagakan di kantor camat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama Gunung Raung berstatus Siaga dengan bantuan aparat kepolisian dan TNI," tuturnya.

Ia menjelaskan, BPBD Banyuwangi bersama sejumlah instansi melakukan rapat koordinasi untuk melakukan pemetaan terhadap daerah rawan bencana dan membuat skenario untuk mengantisipasi bahaya erupsi Gunung Raung.

"Hari ini sedang dilaksanakan rapat tentang itu dan kami selalu berkoordinasi dengan petugas di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon untuk mengetahui perkembangan terkini aktivitas Raung," paparnya.

Wiyono meminta masyarakat di sekitar Gunung Raung tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari pusat kawah aktif karena jarak itu merupakan batas aman dari erupsi Raung.

"Saya mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Raung tetap tenang, tidak panik dan tidak terpancing isu-isu tentang letusan gunung tersebut karena BPBD akan menyampaikan informasi tentang aktivitas gunung api itu kepada perangkat desa dan camat," ujarnya menambahkan.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber : Antara
Laknat Allah bagi penyuap dan yang menerima suap((HR Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Mulyani Jumat, 9 November 2012, 12:08
kalaupun jadi meletus gunung raung, semoga semua bisa terselamatkan, kan peralatan da pada canggih tu...... jd kan da ada pemberitahuan sebelumnya.
  Dian Selasa, 6 November 2012, 11:31
Smoga ada pemberitahuan terlebih dahulu,,agar saya bisa mengamankan keluarga di sana di surabaya.. Amin
  andika fajar Selasa, 6 November 2012, 07:30
semoga Alla melindungi warga banyuwangi dan sekitarnya, dan khususnya warga kemiri.
  elvha Sabtu, 3 November 2012, 08:41
saya brharap gunung raung tidak jadi meletus ammmiiinn
  andi Kamis, 1 November 2012, 18:38
kalau bisa sih jangan nunggu meletus apa lagi jatuh korban donk evakuasinya.sekarang kan alat dah canggih semua tuh dan pasti bisa dperkirakan kapan tuh gunung meletus.jadi evakuasi secepatnya bos.

  VIDEO TERBARU
Jumlah Pengunjung Meningkat, Ancol Terus Berbenah
JAKARTA -- Sebagian besar warga Jakarta kebanyakan habiskan libur panjang keluar kota. Meski begitu, wisata pantai Ibu Kota tak kehilangan pesonannya. Seperti pantai di...