Thursday, 5 Safar 1436 / 27 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pernikahan Putri Sultan HB X Difilmkan

Thursday, 10 October 2013, 13:10 WIB
Komentar : 1
Republika/Aditya Pradana Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID,
Selama Pernikahan Putri Sultan HB X Digelar Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta di Bioskop XXI, Tiket Hanya Rp 25 Ribu

YOGYAKARTA -- Menjelang dan selama berlangsungnya pernikahan Putri keempat Sultan Hamengku Buwono X GKR Hayu dan KPH Notonegoro, di bioskop XXI Yogyakarta akan digelar pernikahan agung (Dhaup Ageng) di Kraton Yogyakarta.

"Film Dhaup Ageng tersebut menggunakan referensi pernikahan Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X GKR Bendara dan KPH Yudonegoro. Film ini akan diputar selama seminggu dan akan di-launching 17 Oktober," kata GKR Bendara.

"Film tersebut hanya diputar selama seminggu dan per harinya akan diputar lima kali. Kami sih tidak mengejar hasil penjualan tiket karena harga tiketnya pun hanya Rp 25 ribu dan itu lebih murah dari standardnya bioskop XXI," kata GKR Bendara kepada Republika.

Menurut dia, pemutaran film tersebut  disutradai Deyna Haryanto dan Arief Hartawan yang diproduksi dan didanai Kraton Yogyakarta.

"Ini film tentang pernikahan agung di kraton yang mengusung adat dan tradisi Jawa," kata putri bungsu Sultan HB X yang mempunyai nama kecil GRAj Nurastuti Wijareni atau akrab dipanggil Jeng Reni.

Awalnya, video pernikahan agung itu merupakan  dokumentasi pribadi Jeng Reni. Kemudian dia mempunyai keinginnan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang pranatan di Kraton terutama yang berkaitan dengan pernikahan melalui sebuah film dokumenter dengan durasi waktu satu jam.

Ide tersebut didiskusikan dengan suami dan ayahnya dan ternyata mereka menyambut baik. Melalui film tersebut Jeng Reni ingin mengajak kepada generasi muda untuk tidak melupakan budayanya  sendiri. Karena adat sendiri tidak kalah cantik dan mengandung penuh makna.

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Djibril Muhammad
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Pengertian akan Pemanfaatan Air Harus Sejak Usia Dini
JAKARTA -- Memperingati hari pendidikan dan kesehatan, PT PAM Lyonnaise JAYA (Palyja) mengundang beberapa sekolah dasar (SD) untuk berkunjung ke tempat intalasi air...

Berita Lainnya

Gubernur DIY Kurban Tujuh Ekor Sapi