Wednesday, 12 June 2013, 16:13 WIB

Lahan Tutupan Vegetasi di Sleman Berkurang

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lahan tutupan vegetasi di Kabupaten Sleman tercatat berkurang. Berdasarkan laporan Program Menuju Indonesia Hijau 2012, lahan tutupan vegetasi sebanyak 22 persen. Angka tersebut menurun dari tahun sebelumnya, yakni 2011 yang luasnya mencapai 24 persen.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Ephi Pana, mengatakan luas lahan tutupan vegetasi berkurang lantaran terjadinya erupsi dan penebangan pohon. Ephi mengatakan untuk meningkatkan luas tutupan vegetasi di Kabupaten Sleman, pihaknya memberikan pendidikan dini berupa penanaman pohon di sekolah-sekolah.

"Mendorong sekolah untuk memberdayakan muridnya agar mencintai lingkungan hijau," katanya ketika ditemui di Kantornya, Rabu (12/6).

Ia menambahkan berdasarkan data 2012 dari Bappeda, terdapat 36.684,84 hektar lahan kritis di Kabupaten Sleman. "Lahan kritis itu bisa disebabkan oleh kurangnya curah hujan dan kurang suburnya tanahnya," katanya menjelaskan.

Menurut dia, di 17 kecamatan di Sleman, Kecamatan Cangkringan merupakan daerah paling luas lahan kritisnya. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penanaman pohon di sekitar lingkungannya.

loading...