Selasa, 27 Zulhijjah 1435 / 21 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Lahan Tutupan Vegetasi di Sleman Berkurang

Rabu, 12 Juni 2013, 16:13 WIB
Komentar : 1

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Lahan tutupan vegetasi di Kabupaten Sleman tercatat berkurang. Berdasarkan laporan Program Menuju Indonesia Hijau 2012, lahan tutupan vegetasi sebanyak 22 persen. Angka tersebut menurun dari tahun sebelumnya, yakni 2011 yang luasnya mencapai 24 persen.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Ephi Pana, mengatakan luas lahan tutupan vegetasi berkurang lantaran terjadinya erupsi dan penebangan pohon. Ephi mengatakan untuk meningkatkan luas tutupan vegetasi di Kabupaten Sleman, pihaknya memberikan pendidikan dini berupa penanaman pohon di sekolah-sekolah.

"Mendorong sekolah untuk memberdayakan muridnya agar mencintai lingkungan hijau," katanya ketika ditemui di Kantornya, Rabu (12/6).

Ia menambahkan berdasarkan data 2012 dari Bappeda, terdapat 36.684,84 hektar lahan kritis di Kabupaten Sleman. "Lahan kritis itu bisa disebabkan oleh kurangnya curah hujan dan kurang suburnya tanahnya," katanya menjelaskan.

Menurut dia, di 17 kecamatan di Sleman, Kecamatan Cangkringan merupakan daerah paling luas lahan kritisnya. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar melakukan penanaman pohon di sekitar lingkungannya.

Reporter : Dessy Suciati Saputri
Redaktur : Djibril Muhammad
“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu sesudah meneguhkannya….”(QS An-Nahl: 91)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Butet: Saya Senang Punya Presiden Kurus
JAKARTA -- Joko Widodo resmi memimpin Indonesia lima tahun kedepan. Terpilihnya Jokowi memiliki arti tersendiri bagi Butet Kertaradjasa. Seniman kondang ini senang memiliki...

Berita Lainnya

'Business Intelligence' Mudahkan Pejabat Ambil Kebijakan

Pertamina Tambah Kuota 'Gas Melon' di DIY