Friday, 6 Safar 1436 / 28 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Di Yogya, Perpustakaan Pakai Motor Keliling

Tuesday, 29 January 2013, 13:39 WIB
Komentar : 2
mirzagraha.com
perpustakaan keliling
perpustakaan keliling

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Perpustakaan Kota Yogyakarta pada 2013 ini mengoperasionalkan satu unit motor keliling untuk melayani kebutuhan buku pada pendidikan anak usia dini baik di Taman Kanak-kanak maupun PAUD. Sepeda motor roda tiga ini di desain khusus menjadi perpustakaan keliling khusuis bagi anak-anak usia dini tersebut. Perpustakaan Motor Keliling ini resmi beroperasi, Senin (28/1).

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta, Sri Adiyanti  mengatakan, operasionalisasi perpustakaan motor keliling ini dilakukan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap buku. Selain itu juga untuk meningkatkan daya baca masyarakat Yogyakarta. "Sasaran kita anak-anak PAUD dan TK, ini untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku sejak dini," katanya.

Diakuinya, perpustakaan motor keliling ini akan beroperasi dari TK satu ke TK lainnya termasuk PAUD secara bergantian. Motor ini juga akan menyambangi taman bacaan di wilayah-wilayah di Yogyakarta. "Kenapa pakai motor, karena memang diharapkan bisa menjangkau wilayah-wilayah yang sulit ditembus kendaraan roda empat," ujarnya.

Diakuinya, sebagai sebuah perpustakaan yang dinamis, Perpustakaan Kota Yogyakarta senantiasa berbenah untuk mengoptimalkan peranya dalam mengembangkan fungsi penelitian, pendidikan, pelestarian, informasi dan rekreasi, sekaligus berupaya untuk dapat melayani dengan prima dan mengembangkan serta meningkatkan literasi masyarakat.

Menurut Sri Adiyanti, pada 2012 terjadi peningkatan jumlah pungunjung perpustakaan Kota Yogyakarta tersebut yaitu  sebesar 17,74 persen  dari tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung 2011 sebesar 115.469 orang sedangkan pada 2012 mencapai 135.953.

Reporter : Yulianingsih
Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar