Rabu, 23 Jumadil Akhir 1435 / 23 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pelantikan Gubernur DIY Berlangsung 30 Menit

Rabu, 10 Oktober 2012, 10:29 WIB
Komentar : 0
Antara
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOYAKARTA - Tepat sekitar pukul 09.00 Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam IX dimulai di Ruang Garuda Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta, Rabu (10/10).

Upacara pelantikan dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 87/P/Tahun 2012 yang ditetapkan tanggal 3 Oktober 2012 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tentang Pengesahan Penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY Masa Jabatan 2012-2017 dan KGPAA Paku Alam IX sebagai Wakil Gubernur Masa Jabatan 2012-2017.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY yang dipimpin oleh Presiden RI SBY dengan rochaniawan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi DIY Masku Haji. Dalam pelantikan ini kepala daerah DIY ini mengenakan seragam pelantikan putih-putih.

Usai pengambilan sumpah jabatan, HB X dan PA IX melakukan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan yang disaksikan oleh Kepala Negara dan para Menteri Kabinet Bersatu serta undangan lainnya yang hadir di ruang Garuda yang diperkirakan sekitar 150 orang.

Selain di ruang Garuda, tamu undangan ditempatkan di ruang Kesenian yang berjumlah sekitar 250 orang. Mereka yang berada di ruang Kesenian dapat menyaksikan proses pelantikan melalui tiga layar LCD.

Mereka yang hadir di ruang kesenian ada 16 kelompok antara lain: anggota DPRD DIY, Bupati Walikota, Rektor PTN/PTS. Pimpinan Instansi Pusat di Daerah, Tim Asistensi, Tim Penyusun Keistimewaan, Staf Ahli Gubernur, dari Perbankan, relasi gubernur DIY, Paguyuban Kepala Desa dan Lurah, Paguyuban Dukuh. Sama halnya dengan di Ruang Garuda, mereka dalam posisi berdiri.

Proses pelantikan yang berlangsung sekitar 30 menit ini berakhir dengan Khidmat dan diakhiri dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ucapan selamat kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang didampingi permaisuri GKR Hemas dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam IX yang didampingi Mantu Dalem BRAy Atika Suryodilogo .

Ucapan selamat diawali oleh Presiden RI dan Ibu Negara, kemudian diikuti oleh para menteri beserta isteri. Tampak Menteri yang hadir dalam pelantikan ini antara lain: Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri BUMN Dahlan Iskan Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin.

Reporter : Neni Ridarineni
Redaktur : Hafidz Muftisany
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar